banner

Gimana Cara Nyamuk Terbang Di Dalam Mobil Ngebut?

Jadi, gua lagi pulang dari kondangan naik mobil bareng keluarga. Ditengah perjalanan dan ramainya perbincangan saudara-saudara gua didalem, gua ngeliat nyamuk hinggap di dasbor mobil. Nggak lama, nyamuk itu mulai hinggap di tangan gua dan mulai ngegigit. Sial, kok bisa sih nyamuk ada di dalem mobil. Gua coba tepok dengan tujuan ngebunuh si nyamuk, tapi dia masih dikasih kesempatan hidup sama tuhan wkwk. Si nyamuk berhasil menghindar dan terbang keliling kepala gua.

Sambil garuk-garuk bekas gigitan nyamuk di tangan, gua mikir.

"Kenapa tuh nyamuk bisa terbang santai kesana-kemari didalem mobil sedangkan mobil ini lagi melaju cepat banget?"

Gua selalu memikirkan hal itu selama beberapa hari. Sampe gua ketemu sama temen gua yang bisa diajak ngobrol tentang ini dan ketemu jawabannya. Jadi, kenapa nyamuk bisa begitu?

Adaptasi Terhadap Kecepatan

Yuk, kita berandai-andai. Si Budi lagi mau ngendarain mobil. Dia masuk ke mobil itu, masukin kunci dan nyalain starter. Ketika mobil itu di-gas maju, Budi bakal sedikit terdorong ke belakang selama beberapa detik. Dia harus nahan badannya sampai akhirnya, badan Budi bisa stabil lagi. Contoh lain, ketika si Anto lagi di dalam kereta. Mula-mula kereta sedang berhenti di stasiun. Pas kereta mulai jalan, semua penumpang termasuk Anto bakal ngerasain dorongan ke belakang. Kadang penumpang saling tabrakan badan. Setelah beberapa detik, baru bisa stabil lagi.

Itu yang gua bilang kalau kita bisa beradaptasi dengan kecepatan. Ini bisa disebut juga dengan "ruang". Bumi berputar cepat, tapi burung bisa terbang tanpa ada dorongan udara yang berat, bapak bisa ngopi tanpa tumpah, dan gua bisa nulis artikel ini dengan santuy XD.

Setiap benda, makhluk hidup, bahkan angin/udara memiliki penyesuaian alami terhadap kecepatan. Dengan syarat, benda tersebut harus bersentuhan ke benda yang mempunyai kecepatan.

Si Budi duduk di kursi mobil yang mana mobil adalah benda yang punya kecepatan. Si Anto berdiri di dalem kereta yang mana kereta memiliki kecepatan. Budi dan Anto serasa dikasih power sama kendaraan itu sampe akhirnya dia bisa berkecepatan sama dengan kendaraan.

Mungkin itu kenapa kalau lompat keluar mobil yang lagi ngebut, kita bakal jatoh sampe guling-guling kenceng. Karena kecepatan kita itu masih sama dengan kecepatan mobil.

Back to nyamuk.

Ada 1 hal yang gua yakini sebelum nyamuk itu bisa terbang santuy di dalem mobil ngebut, dia harus hinggap disuatu tempat di mobil (untuk penyesuaian alami kecepatan dengan mobil). Bisa di dasbor mobil, bisa di tangan orang di dalem mobil. Ketika mobil mulai jalan dan ngebut, barulah si nyamuk bisa mulai terbang. Kalau tuh nyamuk terbang pas mobilnya berhenti sampe mobilnya mulai jalan, tuh nyamuk pasti terhempas ke belakang karena dia belum sempet menyesuaikan kecepatan mobil

Tapi, Kenapa Nyamuk Bisa Terbang Lama?

Karena nyamuk bersentuhan dengan udara. Inget, udara di dalem mobil juga mengalami penyesuaian alami dengan kecepatan mobil. Kecepatan udara di dalem mobil = kecepatan mobil.

  0 Views    Likes  

banner
Nasionalisme di Generasi Milenial

previous post

Mengenal Lebih Jauh Tentang Taijiquan
Nasionalisme di Generasi Milenial

next post

Nasionalisme di Generasi Milenial

related posts