IDE STARTUP DARI MANA?

Anak muda zaman sekarang pada ngapain ya? Kebanyaan dari mereka telah merintis bisnis sejak muda! Terdengar keren dan menarik untuk dicoba bukan Sobat OSC! Bagaimana mereka menghasilkan berbagai ide untuk memulai startup mereka ya?

Mari kita bahas 20 cara menghasilkan ide Startup!

Pengertian Startup

Kata Startup berasal dari serapan dari Bahasa Inggris yang berarti bisnis yang baru saja dirintis atau lebih mudah disebut “bisnis/perusahaan yang baru masuk pasar”

Berdasarkan pengertian Startup di atas, kita telah mengetahui ap aitu startup dan jika dilihat kembali keadaan di Indonesia, banyak sekali startup yang mulai bermunculan. Lalu, bagaimana jika kita bisa membentuk ide untuk startup sendiri ya?

Paul Graham menulis esai yang luar biasa tentang nilai nominal ide-ide startup yang mengambil pendekatan analitis ekonomi dengan menyatakan, "Tidak ada yang berkembang lebih cepat daripada pasar. Fakta bahwa tidak ada pasar untuk ide-ide startup menunjukkan tidak ada permintaan. Yang berarti, dalam arti sempit kata, bahwa ide-ide startup tidak berharga. Eksekusi adalah nilai utama yang melekat dalam startup, bukan ide itu sendiri. Ide berubah dengan umpan balik pasar. Pivot terjadi ketika peluang diakui dan dieksekusi.

Dengan pola pikir yang benar dan forum untuk menyimpang semua ide, uji beberapa metode menghasilkan ide:

1. Menonton TED talk

Belum pernah mendengar TED Talk? eits..disini bukan promosi TED Talk ya!!! tapi ada benarnya, TED Talk menghadirkan berbagai pembicara hebat dari berbagai bidang yang seru dan mudah dipahami bagi kita! TED Talks memfasilitasi 100+ terjemahan bahasa jadi bisa menjadi jalur tambahan juga untuk belajar bahasa ya. Tidak hanya itu, TED Talks mudah dan gratis untuk diakses cukup menekan link saja (TED Talks)

2. Menonton Mixergy interview

Pengen belajar bisnis dengan berbagai ahli? Mixergy Interview solusinya. Tidak dipungkiri banyak sekali aplikasi penyedia konten untuk startup dan salah satunya yaitu Mixergy Interview. Mixergy menyediakan berbagai konten dari video inrerview, podcast dan latihan (kursus) dengan lebih dari 1500 pembisnis (entrepreneurs). Seperti TED Talks, Mixergy juga mudah dan gratis diakses dengan hanya menekan link (Learn from Proven Entrepreneurs - Business Podcast for Startups (mixergy.com))

3. Membaca artikel di Business Model Generation

Waaupun buku ini harus dibeli tetapi buku ini menyediakan berbagai desain yang memiliki berbagai pemahaman praktik yang menakjubkan! (Amazon.com: Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers (The Strategyzer series): 9780470876411: Osterwalder, Alexander, Pigneur, Yves: Books)

4. Beralih ke halaman acak dalam makalah ide Anda

Menulis, "Ini menyebalkan ketika ..." di atas dan kemudian mengisinya dengan segala sesuatu yang mengganggu Anda. Banyak dari gangguan itu dapat diubah menjadi produk atau layanan.

5. Lihatlah melalui bagian layanan pelanggan dari situs web dan cari tahu apa yang orang keluhkan.
6. Melihat berbagai ide pada YCombinator

Sudah ada ide dan mau memulai startup? Ingat capital atau dana awal! "YCombinator menyediakan dana awal untuk startup. Pendanaan benih adalah tahap awal pendanaan ventura. Ini membayar pengeluaran Anda saat Anda memulai" - YCombinator (Y Combinator).

7. Bertanya pada diri sendiri, “jenis bisnis apa yang ingin dijalankan jika sama sekali tidak ada kemungkinan gagal?”
8. Lihatlah sesuatu yang orang coba lakukan, dan cari tahu bagaimana melakukannya dengan cara yang tidak gegabah.
9. Tanya orang – orang yang kita temui mengenai apa hal yang paling mengganggu dalam hidup dan pekerjaan mereka.
10. Bertanya pada diri sendiri, “apa yang belum pernah dibuat oleh orang lain?”
11. Up to Date!

Ternyata benar kata pepatah ketika memasuki suatu perubahan "adaptasi" atau "tertinggal". Hal ini sama seperti ketika kita ingin merintis startup banyak hal yang harus diperhatikan yaitu up to date! Mulai dari frasa yang paling sering dicari di mesin pencari (umum/pasar) contoh Goggle dan Amazon, potensi ketertarikan industri dan pasar yang sedang berlangsung hingga menjelajahi hal - hal baru.

12. Inventarisasi

Inventarisasi keterampilan, minat, dan sumber daya Anda untuk menentukan apa yang paling memenuhi syarat untuk Anda lakukan. (Juga, tanyakan kepada orang lain apa keterampilan dan minat Anda - Anda mungkin akan terkejut dengan tanggapan mereka.)

Ini mirip dengan konsep yang dikenal sebagai efekuasi yang direncanakan untuk dibahas lebih dalam di masa depan. Fungsi dari inventarisasi ini untuk membuka pola pikir untuk melakukan hal-hal yang benar-benar berbeda dari bagaimana kita melakukannya sekarang - jangan khawatir tentang bagaimana - hanya mencari cara untuk membuatnya lebih baik.

13. Cobalah beberapa Teknik kreativitas

Ingat! semua orang itu kreatif dengan jalannya masing - masing, mengapa demikian? Karena kreativitas dan imajinasi adalah tentang menemukan solusi baru untuk masalah dan situasi. Kita semua dapat berinovasi mengingat waktu, kebebasan, otonomi, pengalaman untuk memanfaatkan, mungkin panutan untuk ditiru dan motivasi untuk melanjutkannya. Untuk membahas lebh lanjut untuk membahas kreativitas dan ke-originalitas Creativity: 14 Ways To Find Inspiration And Originality - PsyBlog (spring.org.uk) dapat menjadi referensi.

Diatas merupakan berbagai cara untuk menghasilkan ide untuk peluang bisnis. Perlu diketahui Sobat OSC, tentunya ada banyak metode untuk menghasilkan ide yang belum dibahas pada sesi ini. Tidak hanya itu, poin penting Ketika kalian merancang ide bisnis adalah

Ketika kalian memiliki ide (walaupun ide yang gila), catat hal itu!

Dengan menulis ide – ide itu,

Kamu bisa menginfeksi setiap ide masa depan yang kamu punya. Kamu melepaskan pikiranmu dari ide yang terbesit untuk focus pada ide lainnya. Jika memungkinkan, cobalah untuk menulis ide – ide Anda sebagai pertanyaan, bukan pernyataan.

Sebuah pertanyaan memunculkan penonton dan diri Anda sendiri untuk benar-benar memikirkan detail rumit dari ide Anda. Ini menarik audiens Anda untuk membantu Anda memikirkan cara untuk membuatnya bekerja.

Jangan pernah membiarkan diri Anda menggunakan ungkapan “Jika itu benar – benar ide yang bagus, seseorang pasti sudah memikirkannya”

 

Sumber: 23 Ways to Generate Startup Ideas (startuprob.com)

  8 Views    Likes  

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

previous post

Bingung pilih Bahasa Pemograman apa? Yuk simak 6 pilihan terbaik di 2021(part 1)
Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

next post

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

related posts