banner

Insecure Dengan Rumus

Mendengar kata “rumus” pasti sudah terbayang dengan suatu hafalan yang rumit berkaitan dengan berhitung. Sebenarnya rumus digunakan untuk mendapatkan penyelesaian dari suatu permasalahan secara matematis dan sistematis yang diperoleh dari suatu konsep yang sudah ditemukan. Lalu mengapa terkadang kita langsung merasa insecure saat menemui rumus ?

Menurut saya ada dua penyebab yang membuat kita insecure yaitu internal dan eksternal. Penyebab internal berarti berasal dari diri kita sendiri. Contohnya saat pertama kali menemui suatu rumus itu kondisi kita sedang tidak sehat, sedang menghadapi masalah, atau yang sejenisnya. Sehingga untuk kali kedua kita ingin menggunakan rumus tersebut, kita menjadi tidak paham konsep dari rumus tersebut dan membuat mindset bahwa pengaplikasian rumus tersebut sangat sulit.

Contoh lain dari penyebab yang berasal dari diri sendiri yaitu kita tidak menyukai pelajaran yang bersifat berhitung. Mata pelajaran matematika, fisika, dan kimia pasti akan dianggap pelajaran yang sangat sulit bagi kita yang tidak menyukainya. Namun dalam pendidikan yang kita tempuh, Matematika dan IPA dijadikan mata pelajaran wajib dalam kurikulum. Dengan demikian, suka tidak suka dan mau tidak mau kita harus memahami konsep-konsep dari materi yang diberikan guru. Minimal kita harus paham dengan konsepnya, sehingga memudahkan kita dalam belajar dengan mengerjakan soal.

Yang kedua, penyebab eksternal atau dari luar diri sendiri. Dari luar diri sendiri contohnya guru. Rasa insecure datang ketika guru menjelaskan materi, namun dengan metode yang tidak sesuai dengan metode belajar kita. Contohnya, kita termasuk siswa yang lebih cepat belajar dengan cara visualitas atau penglihatan. Sedangkan guru kita menjelaskan dengan cara audio saja. Sehingga ketika kita dijelaskan, maka akan sulit memahami. Maka dari itu, kita perlu belajar lebih dahulu jika menemui guru yang menggunakan metode belajar yang berbeda dengan kebiasaan kita.

Dari dua penyebab tersebut, dapat kita lihat jika penyebab inscurenya kita terhadap rumus disebabkan oleh dua penyebab dari diri sendiri dan dari luar. Untuk mengatasi rasa insecure ini, kita harus mencari tahu penyebab kita mengalaminya sehingga dapat menemukan solusi untuk meminimalkannya. Rumus bukanlah sesuatu yang harus ditakuti, melainkan aplikasi konsep yang menyenangkan untuk menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari

  27 Views    Likes  

banner
TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

previous post

Pelajar Jangan Down dari Pandemi
TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

next post

TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

related posts