Istilah-Istilah Dalam Dunia Perkuliahan Yang Perlu Kamu Ketahui!

Halo sobat OSC! Pembahasan aku kali ini di khususkan untuk mahasiswa baru yang masih bingung dengan banyaknya istilah-istilah yang digunakan dalam dunia perkuliahan. Misalnya, "Apa itu KTM?" Atau mungkin... "Apakah NIM dan NPM sama?" Dan terakhir, "Apa perbedaan antara IP, IPS dan IPK?"

Eitz, sebelum aku membahas istilah-istilah di atas, aku mau mengucapkan selamat untuk sobat OSC yang sudah menyelesaikan kegiatan awal bagi setiap mahasiswa baru yang menempuh jenjang perguruan tinggi yaitu orientasi studi (ospek) atau pengenalan kampus yang mana tujuan dari ospek adalah mengenalkan lingkungan kampus, memberitahu sarana yang tersedia di kampus dan memberi pemahaman mekanisme yang berlaku di kampus. Congratulations, you are now officially college student, yeay!

Sekarang aku ingin membahas istilah-istilah di atas satu persatu agar sobat OSC tidak kebingungan lagi. Selain itu, aku juga akan membahas beberapa istilah lain yang perlu sobat OSC ketahui juga.

KTM

Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) adalah kartu identitas diri mahasiswa yang terdaftar secara resmi di suatu perguruan tinggi. Jika semasa sekolah kita memiliki kartu pelajar, saat kuliah kita memiliki KTM sebagai tanda pengenal yah sobat OSC! Isi KTM apa aja sih? Secara umum KTM hanya berisi foto diri, nama lengkap, NIM dan logo perguruan tinggi tapi ini tergantung perguruan tinggi masing-masing yah.

NIM dan NPM

Nomor Induk Mahasiswa (NIM) merupakan nomor identitas mahasiswa selama masa studi berlangsung. NIM ini seperti NIS waktu dulu kita sekolah. Sedangkan, Nomor Pokok Mahasiswa (NPM) dalam artiannya sama dengan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) namun penyebutannya tergantung dari masing-masing perguruan tinggi karena ketentuan setiap perguruan tinggi berbeda.

IP, IPS dan IPK

Indeks Prestasi (IP) merupakan nilai akhir semester atau lebih mudahnya adalah nilai per semester. Indeks Prestasi (IP) sama dengan Indeks Prestasi Semester (IPS). Sedangkan, Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) adalah nilai akhir mulai dari semester 1 sampai semester terakhir. Jadi bagaimana sobat OSC tidak kebingungan lagikan membedakan ketiganya?

KRS

Kartu Rencana Studi (KRS) adalah kartu yang berisi mata kuliah apa saja yang akan sobat OSC ambil selama satu semester. Pengisian KRS ini sebelum memulai semester baru. Di dalam KRS terdapat nama mata kuliah, jumlah SKS masing-masing mata kuliah, nama dosen, dll.

SKS

Satuan Kredit Semester (SKS) merupakan beban studi atau bobot tiap mata kuliah.

MKU

Mata Kuliah Umum (MKU) adalah mata kuliah yang pasti sobat OSC temui apapun jurusan kuliahnya. MKU membentuk sikap dan mengembangkan aspek kepribadian mahasiswa yang diharapkan memiliki pengetahuan yang mumpuni, rasa nasionalisme agar siap masuk ke dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti contoh Pendidikan Pancasila, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Agama, dll.

MKW

Mata Kuliah Wajib adalah mata kuliah yang harus diambil mahasiswa sesuai dengan program studi masing-masing. Jadi, setiap program studi memiliki mata kuliah wajib yang berbeda-beda yaa sobat OSC, tidak seperti MKU yang akan sobat OSC pelajari apapun program studi kuliahnya. Dengan MKW ini diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan bidang studi yang dipelajari.

KHS

Jika semasa sekolah kita memiliki rapor yang dibagikan setiap akhir semester dan kenaikan kelas maka di dunia perkuliahan rapor sama seperti KHS. Kartu Hasil Studi (KHS) dibagikan setiap akhir semester. Isi dari KHS adalah nilai dari setiap mata kuliah yang diambil pada KRS yah sobat OSC.

Dosen PA

Dosen Pembimbing Akademik (PA) atau Dosen Wali. Jika semasa sekolah kita memiliki wali kelas maka saat kuliah kita memiliki dosen PA yang perannya hampir mirip dengan wali kelas, salah satunya kita bisa berkonsultasi, bertanya mengenai kendala perkuliahan, dll. Dosen PA juga memantau perkembangan dan mengawasi tiap mahasiswa.

 

Nah, sampai sini dulu yah sobat OSC pembahasan kita mengenai istilah-istilah formal perkuliahan yang perlu maba ketahui! Bagaimana penjelasan aku mudah dipahami bukan? Hope it helps! Sampai bertemu di artikel aku selanjutnya!

  134 Views    Likes  

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

previous post

Perjalanan menjadi awardee beasiswa OSC 2020
BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

next post

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

related posts