banner

Kebiasaan Buruk Sehari-Hari Yang Harus Di Ubah

Dalam aktivitas keseharian, kita sebagai mahasiswa seringkali tanpa sadar melakukan suatu hal yang sebenarnya bukanlah hal yang baik, karena terlalu sering melakukan hal tersebut akhirnya menjadi kebiasaan yang berdampak tidak baik juga bagi diri kita. Mari kita lihat daftar kebiasaan buruk apa saja yang mungkin sering di lakukan oleh mahasiswa dan perlu untuk di ubah:

1. Kebiasaan menunda

Kebiasaan menunda untuk menyelesaikan atau mengerjakan tugas penting dan memilih mengerjakan tugas tersebut pada menit-menit terakhir mendekati waktu pengumpulan dapat mengakibatkan kita tidak mampu secara maksimal mengerjakan tugas tersebut karena persiapan yang minim. Tugas yang terus-menerus ditunda dengan alasan tidak mood atau ide yang belum muncul adalah alasan yang salah. Tugas tersebut tidak akan selesai tanpa kemauan dan tindakan kita untuk segera menyelesaikannya.

2. Terlalu sering memeriksa gadget atau sosial media

Bagi kaum milenial gadget merupakan alat elektronik yang cukup penting. Ketika sedang menunggu seseorang, sedang berada di tempat umum, makan bersama teman-teman atau aktivitas lainnya seringkali kita melibatkan gadget. Terlalu berlebihan dalam menggunakan gadget dan sosial media dapat membuat kita tanpa sadar bersikap tidak peduli dengan keadaan sekitar. Terlalu sering memeriksa gadget atau sosial media dapat membuat kita lupa waktu dan dapat menyebabkan kita lupa untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah. Ketika kita dapat bijak menggunakan gadget dan sosial media maka hal ini tentunya dapat memberikan dampak yang baik bagi diri kita.

3. Bergaul dengan salah

Lingkungan pertemanan juga menentukan bagaimana kebiasaan terbentuk. Teman yang membawa pengaruh negatif tentunya harus dihindari. Teman yang selalu puas terhadap hasil yang tidak maksimal, teman yang tidak memberikan dukungan namun hanya bisa membandingkan dan menjatuhkan, jika terlalu sering bergaul dengan orang seperti ini akan membuat mu merasa selalu tidak bersyukur bahkan putus asa dan kehilangan harapan. Mulailah untuk mencari lingkungan pertemanan yang positif sehingga dapat berjuang bersama untuk menjadi seseorang yang lebih baik.

4. Mengatakan “Ya” dalam segala hal

Berdasarkan penelitian yang dilakukan University Of California San Fransisco menunjukkan bahwa, semakin kita tidak bisa berkata tidak atau menolak maka semakin banyak kesulitan yang akan diperoleh. Alasan sulitnya kita mengatakan tidak terhadap orang lain atau terhadap sesuatu hal yang ditawarkan adalah karena kita tidak ingin mengecewakan orang lain. Namun jika kita terus menerus mengatakan “Ya” pada hal yang sebenarnya kita ingin katakan “Tidak” itu artinya kita sedang membohongi diri sendiri. Kita memiliki kendali terhadap diri kita sendiri, sehingga akan lebih baik untuk berani mengatakan “Tidak” jika kita merasa keberatan terhadap sesuatu hal tersebut.

5. Gaya hidup tidak sehat

Banyak dari teman-teman mahasiswa yang mengabaikan pentingnya hidup sehat. Memilih untuk tidak berolahraga, waktu makan yang tidak beraturan, kebutuhan vitamin yang diabaikan, lebih senang mengonsumsi minuman bersoda dan makanan cepat saji, lembur untuk hal-hal yang tidak begitu penting, serta kebiasaan lainnya yang tentunya berdampak terhadap kesehatan. Gaya hidup sehat ini harus mulai kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari terlebih selama adanya pandemi Covid-19.

Jadi bagaimana Sobat OSC, apakah ada dari kebiasaan-kebiasaan diatas yang masih dilakukan oleh Sobat OSC? Kalau masih ada mari kita sama-sama belajar berubah untuk menjadi seseorang yang lebih baik dalam keseharian kita.

  0 Views    Likes  

banner
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

previous post

Udah yakin Lolos SBMPTN 2020?
Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

next post

Jordi Onsu Oey berhasil Lolos di HARVARD UNIVERSITY !

related posts