Kuliah ngabisin waktu ? ini alasan yang membuatnya penting

Memiliki kesempatan untuk lanjut ke perguruan tinggi memang tidak dimiliki banyak orang. Beberapa orang mengalami halangan dalam perekonomian dan memutuskan untuk bekerja. Namun, ada yang memilih untuk mencari dan menggunakan kesempatan beasiswa dengan sebaik mungkin sebagai jembatannya.

Berdasarkan manfaatnya, menjadi mahasiswa dan melanjutkan pendidikan ke sarjana memiliki dampak yang sangat positif. Dengan mengenyam pendidikan tinggi, berbagai sudut pandang terhadap berbagai hal dapat berubah oleh karena pengetahuan yang dimiliki.

Berikut merupakan beberapa alasan mengapa menjadi sarjana atau kuliah itu penting:

1. Memperbesar Peluang Kerja

Ketika mendaftarkan diri pada pekerjaan, banyak perusahaan atau instansi yang mensyaratkan pendaftar memiliki ijazah sarjana dari universitas. Melalui pendidikan tinggi yang diikuti oleh seseorang, maka ia sudah memenuhi kriteria yang diingini oleh perusahaan. Dengan demikian, kuliah dapat menjadi sebuah syarat untuk melamar pekerjaan.

2. Menemukan dan Mengembangkan Minat

Sebagian orang melanjutkan pendidikan ke tahap selanjutnya karena didasari oleh rasa ketidakpuasan terhadap bakat dan minat yang dimilikinya. Melalui ilmu dan pengetahuan yang telah disusun dalam kurikulum pembelajaran di perguruan tinggi, seseorang dapat mempertajam passion dan minat yang ditekuninya selama ini. Sehingga dari hal tersebut, seseorang telah mendapat sarana untuk menemukan rasa ketidakpuasannya selama ini.

3. Megasah Soft Skill

Semakin banyak pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki seseorang, semakin besar kesempatan yang dimiliki untuk memiliki kualifikasi diri. Kualitas seorang saat ini diukur dari seberapa tepat ia memiliki dan mengolah kemampuan dirinya ketika mengikuti sebuah pendidikan baik itu formal maupun informal. Contohnya seperti Public Speaking, Adaptasi dengan lingkunga baru, Solving Problems, Critical Thinking, Leadership, Time Management, dll. Melalui pendidikan yang dilakukan di kampus, seseorang dapat mengasah kemampuan dirinya dan soft skillnya menjadi lebih baik apabila diikuti sesuai dengan tahapannya.

4. Memperluas Networking

Alasan selanjutnya mengapa kuliah penting adalah menambah relasi dengan orang-orang baru. Pengalaman yang berbeda dimiliki oleh setiap orang. Ada yang memiliki pengalaman sebagai volunteer, ada yang sebatas menjadi mahasiswa, dan ada juga yang telah menjadi seorang pekerja. Semua pengalaman tersebut dapat dijumpai ketika bertemu dengan orang-orang yang baru. Networking yang dibangun dalam dunia perkuliahan tidak semata-mata hanya fokus terhadap pertemanan. Akan tetapi teman-teman juga harus berkreasi dan memiliki plans terhadap keberlanjutan hidup.

5. Kuliah menjadi ajang unjuk diri

Pemahaman tentang unjuk diri dalam dunia perkuliahan secara dinamis dapat berarti sebagai cara untuk menampilkan kualitas diri seseorang dalam mengenyam pendidikan. Beberapa orang telah membuktikan bahwa mencapai penididikan tingkat sarjana dan magister dapat memiliki pengaruh berupa opinion leader yang kuat. Hal tersebut terjadi karena semakin banyak gelar dan ilmu yang dimiliki seseorang maka mereka akan dihormati. Dalam konteks pekerjaan, menjadi seseorang yang berpendidikan tinggi tidak hanya exist terhadap gelar yang telah diraih. Melainkan, ia harus memiliki sudut pandang yang terbuka terhadap merubah kondisi lingkungan menjadi lebih baik. 

  3 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts