Mau Kuliah Jurusan Akuntansi? Wajib baca dulu!

            Dunia terus berpacu bersama waktu dan tak ada kata berhenti untuk sebuah inovasi baru. Kesemuanya itu secara tidak langsung berdampak kepada ekosistem kehidupan, secara khususnya kehidupan manusia. Berpijak pada kehidupan yang sederhana hingga modern saat ini, dunia sudah sangat kentara menuntut perubahan dan sikap adaptif manusia dalam menyikapi berbagai perubahan yang ada, tak terkecuali bidang pendidikan. Sebagai salah satu sektor yang mengambil peran besar dalam pendukung proses perubahan, pendidikan terus menerus dituntut untuk produktif dalam menghasilkan individu yang cerdas, kompetitif, dan berintegritas.

            Satuan pendidikan pada tingkatan Universitas adalah salah satu muara dalam mencetak generasi yang siap menjawab tuntutan zaman. Tak bisa dipungkiri bahwasannya kompleksitas dari sebuah tuntutan zaman membuat berbagai jurusan yang ada di berbagai kampus harus bisa menjawab semua tuntutan tersebut melewati kurikulum dan standarisasi sistem pembelajaran yang tentunya terintegrasi dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

            Akuntansi menjadi salah satu jurusan yang masih banyak diminati di berbagai kampus. Kesemuanya itu tidak terlepas dari prospek kerja yang menjanjikan dan sangat dibutuhkan di berbagai aspek kehidupan. Untuk menjadi mencapai jenjang karir yang cemerlang, seorang akuntan harus menempuh pendidikan dengan serius dan tekun di bangku perkuliahan. Karena setiap materi yang akan diberikan memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lainnya, terlebih materi tentang persamaan dasar akuntansi akuntansi harus sangat dikuasai karena materi ini adalah materi dasar untuk membentuk konsep berpikir yang logis dan terstruktur. Tapi jangan takut duluan ya, karena akuntansi tidak sesulit gosip yang beredar. Asalkan menjalani semuanya dengan tekun dan haus untuk terus berproses maka ilmu akuntansi akan mudah untuk ditakluki.

            Berikut ini adalah skill atau kemampuan yang harus dikuasai oleh seorang mahasiswa akuntansi agar dapat sukses dalam perkuliahan dan nantinya ketika sudah memasuki dunia dunia kerja, anatra lain:

Berintegritas dan memiliki kredibilitas

Kepribadian merupakan aspek terpenting dalam kehidupan ini dan itulah yang akan mendasari semua proses hidup ini, tak terkecuali di dunia pendidikan dan di dunia kerja. Salah nilai hidup yang harus ditanam oleh para mahasiswa akuntansi adalah berjiwa integritas dan kredibel. Kesemuanya ini bukan tanpa alasan, seorang mahasiswa akuntansi akan diperhadapkan dengan berbagai situasi yang sangat menuntut sikap ini terlebih jika sudah masuk ke dunia kerja yang akan dipertemukan dengan kompleksitas masalah atau tantangan, maka jiwa integritas dan sikap kredibel ini bisa menjadi dasar untuk berpijak menyelesaikan masalah dan memberikan solusi terbaik untuk kebaikan bersama.

Berpikir Kritis dan Visioner

Di dalam dunia perkuliahan, seorang mahasiswa akuntansi pasti akan diperhadapkan dengan berbagai masalah dan studi kasus yang memerlukan pemikiran yang kritis. Berpikir kritis dalam hal ini sangat menitik beratkan pada kemampuan menganalisis dan memahami berbagai fakta, informasi, dan masalah yang muncul dengan rasional dan terstruktur agar dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat keputusan yang tepat dan solutif. Hal ini berbanding lurus dengan kemampuan berpikir yang visioner. Mahasiswa akuntansi sangat ditekankan untuk mampu melihat dan memprediksi siklus kehidupan keuangan kedepannya, karena ini merupakan tantangan yang besar dan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup seorang akuntan. Diiringi dengan kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi, akuntan harus bisa berdiri sama rata dengan kemajuan teknologi agar dalam ruang lingkup ekonomi terciptanya siklus hidup sangat saling support dan semakin memaksimalkan output yang nantinya akan dihasilkan.

Komunikasi interpersonal yang berkualitas

Sejak dibangku kuliah setiap mahasiswa akuntansi tidak hanya dituntut untuk mampu menganalisis dan menyajikan laporan keuangan yang akuntabel, tetapi seorang sejak semester awal para mahasiswa dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik dengan sesama. Hal ini bukan tanpa alasan, karena nantinya seorang akuntan akan diperhadapkan dengan berbagai jenis pribadi yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda dan disini seorang akuntan dituntut untuk mampu menjelaskan laporan keuangan atau data yang dalam bentuk angka itu menjadi bahasa yang mudah dimengerti oleh setiap orang yang membutuhkan informasi tersebut dan juga komunikasi yang baik akan mempermudah kita membangun relasi dengan orang lain..

Menguasai Teknologi pendukung di bidang keuangan

Teknologi menjadi salah satu aspek yang akan selalu berjalan tanpa henti untuk mendukung peradaban.Terlepas dari sifat yang akan muncul dari penggunaan teknologi, para mahasiswa sangat dituntut untuk menguasai berbagai teknologi yang mendukung kegiatan pembelajaran, mulai dari aplikasi pengolah kata, angka, gambar, dan lain sebagainya. Kesemuanya ini akan dipelajari dan akan diperdalam lagi melalui berbagai tugas atau studi kasus yang muncul di berbagai tugas. Kesemuanya ini penting untuk dikuasai sedari awal kuliah atau sebelumnya agar ketika terjun ke dunia kerja lebih siap.

            Akuntansi adalah ilmu yang menyenangkan untuk dipelajari terlebih ketika teman-teman dapat mengaitkan ilmu yang didapat dengan kehidupan sehari-hari maka teman-teman akan melihat dan menemukan sesuatu yang nyata dan spesial dan hal itu juga akan membuat kita tumbuh menjadi pribadi yang berdaya guna lebih bagi orang lain.

  31 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts