Halo, Sobat OSC ! Apa Kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan suasana hati yang bahagia ya. Artikel kali ini akan membahas terkait salah satu jurusan yang sangat umum pasti ada di setiap Universitas, apalagi kalo bukan Ilmu Komunikasi. Jurusan ini selalu menjadi jurusan yang dituju hampir setiap Calon Mahasiswa Baru, karena selalu di nilai sebagai jurusan yang kedengarannya mudah, hmmm apa betul ya? Nanti akan kita kupas sampai tuntas di dalam artikel ini. Dan dalam setiap kampus, biasanya ada perminatan khusus yang bisa kamu pilih, seperti Public Relation, Marketing Communication, Broadcasting, Digital Communication, dan sebagainya. Setelah Mahasiswa menempuh masa studi selama kurang lebih 4 tahun, Mahasiswa Ilmu Komunikasi setelah lulus akan mendapatkan gelar S.Ikom. Nah, apakah kamu tertarik untuk mengambil jurusan Ilmu Komunikasi? Atau kamu sedang mengambil kuliah Ilmu Komunikasi? Ayo, baca artikel ini sampai habis ya, sobat OSC!
Apasih Jurusan Ilmu Komunikasi?
Dalam jurusan Ilmu Komunikasi sobat OSC akan mengenal bagaimana seseorang dapat menyampaikan pesan secara efektif untuk mampu diterima oleh sasaran yang dituju. Pesan yang disampaikan juga memiliki tata cara sesuai dengan teori atau konsep bentuk komunikasi yang akan disampaikan, bahkan berfokus pada bagaimana pesan itu mampu diterima secara umum oleh khalayak. Teori dalam Ilmu Komunikasi sangat luas cabangnya, oleh karena itu terdapat peminatan di jurusan ini, agar sobat OSC bisa lebih fokus mendalami satu bidang saja.
Jurusan Komunikasi kata orang-orang
“Kamu anak Komunikasi, ya? Pintar ngomoong dong?”, “Kamu anak Komunikasi, ya? Pasti kuliahnya gampang, tinggal ngomong doang”. Pasti sobat OSC seringkali mendengar kalimat-kalimat tersebut dari orang di sekitar. Tapi, apakah benar setiap yang pinter ngomong itu anak Komunikasi? Padahal justru melalui jurusan ini, sobat OSC bisa melatih Public Speaking setiap harinya. Dan tentunya tidak mudah sobat OSC, karena setiap kita melakukan salah satu cabang Ilmu Komunikasi ada ilmu nya dan teknik khusus, sesuai dengan peminatan yang dipilih. Ditambah lagi untuk terjun ketika penyampaian pesan agar efektif, dengan menyesuaikan dengan sasaran komunikan yang dituju bukanlah hal yang mudah. Jadi, stop bilang jurusan yang gampang ya, sobat OSC.
Mata Kuliah dalam Jurusan Ilmu Komunikasi
Seperti yang sudah dijelaskan di awal, bahwa dalam Ilmu Komunikasi, terdapat beragam peminatan yang bisa diambil, seperti Public Relations, Marketing Communication, Broadcasting, Digital Communication, dan sebagainya. Biasanya peminatan ini dipilih di semester tiga perkuliahan, namun ada juga sebagian kampus yang sudah menerapkan peminatan untuk paara Calon Mahasiswa Baru memilih dari awal masuk perkuliahan, jadi kembali kepada regulasi setiap Universitas.
Mata Kuliah yang terdapat dalam Ilmu Komunikasi sangatlah beragam, semisal Pengantar Ilmu Komunikasi, Sosiologi Komunikasi, Teori Komunikasi, Negosiasi, Psikologi Komunikasi Marketing Pemasaran, dan sebagainya. Terlebih khusus nantinya mata kuliah biasanya akan disesuaikan berdasarkan peminatan yang diambil. Jadi, sobat OSC bisa memikirkan peminatan apa yang akan diambil nantinya.
Tugas Kuliah Mahasiswa Ilmu Komunikasi
Menjadi Mahasiswa Ilmu Komunikasi tidak hanya terpaku dengan teori dan presentasi saja loh, sobat OSC. Banyak sekali tugas dan praktikum yang seru. Seperti menulis press release, menulis konten berita, produksi media atau film, fotografi media, melakukan negosiasi, dan Event Management. Bahkan dalam era Digital Creator seperti saat ini, Mahasiswa Ilmu Komunikasi dituntut untuk mampu bersaing, dan upgrade inovasi digital, karena ranah bisnis Mahasiswa Ilmu Komunikasi ialah menciptakan pesan dan ide kreatif yang bermanfaat untuk mampu disampaikan kepada khalayak sesuai dengan kemajuan zaman.
Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komunikasi
Kemajuan media di Indonesia, dan bidang ilmu yang dibutuhkan di setiap perusahaan, bahkan bidang pemerintahan. Peluang kerja jurusan ini memiliki peluang yang luas. Seperti berkerja di industri kreatif, contohnya di media. Selain itu, setiap perusahaan atau pemerintahan pasti membutuhkan lulusan Komunikasi. Contohnya sebagai Marketing Pemasaran, Humas atau PR, bahkan Negosiator yang menjadi tonggak pelopor terbangunnya reputasi dari sebuah perusahaan, dan masih banyak lagi. Bahkan bisa menjadi Content Creator, asal kamu punya skill dalam inovasi dan ide kreatif tertentu.
Jadi, gimana sobat OSC? Menyenangkan bukan menjadi anak Komunikasi? Sekian pembahasan artikel kali ini. Terima kasih sudah membaca sampai selesai. Sampai jumpa di artikel berikutnya, sobat OSC!.
Salam Hangat dari penulis,
Putri Suci Nur Cholisah (Public Relation – Universitas Mercu Buana)
previous post
Jadi Mahasiswa Aktif : Tips Sukses di Perkuliahan