Pentingnya Menjaga Kesehatan Diri

Kebersihan diri (personal hygiene) adalah tindakan memelihara kebersihan dan kesehatan seseorang sehingga didapatkan kesejahteraan optimal secara fisik dan psikis. Menjaga kebersihan diri merupakan hal yang  penting agar kita tetap sehat, dan mengurangi risiko diri kita ataupun orang terdekat terserang penyakit. Banyak penyakit yang disebarkan bakteri berbahaya melalui kontak langsung, seperti bersentuhan dengan orang yang terinfeksi, atau kontak tidak langsung, seperti menyentuh suatu barang yang telah disentuh oleh orang yang terinfeksi. 

Kebersihan diri seseorang juga dapat berdampak pada bagaimana cara pandang orang lain dalam melihat dan memperlakukan kita, sehingga dapat dikatakan bahwa hal ini bisa membantu kita untuk meningkatkan kepercayaan diri. Oleh karena itu, penerapan kebersihan diri dengan menyeluruh merupakan hal yang seharusnya tidak terlewatkan.

Berikut adalah langkah-langkah memulai untuk personal hygiene :

1. Selalu Mencuci Tangan

Saat kita beraktivitas seharian, tangan kita sebenarnya menjadi ‘tuan rumah’ bagi kuman dan bakteri berbahaya.  Untuk mencegah kuman-kuman itu masuk ke dalam tubuh kita dan menyebabkan penyakit, sangat penting untuk mencuci tangan secara menyeluruh dengan sabun antibakteri, terutama saat sesudah menggunakan toilet, setelah bersentuhan dengan seseorang yang sakit, dan sebelum makan. 

2. Mandi Secara Teratur 

Seberapa sering frekuensi kita untuk mandi dapat dilihat dari kondisi tubuh dan aktivitas fisik yang kita lakukan, tetapi umumnya orang harus mandi setidaknya sekali dalam sehari.  Gunakanlah air bersih dan sabun mandi. Menggunakan sabun mandi akan efektif untuk kita terhindar dari kuman penyebab penyakit. Selain itu, mandi dengan sabun pembersih yang baik bisa menghilangkan lemak, kotoran, dan bakteri yang menumpuk di siang hari dan mencegah masalah seperti bau badan. Berbeda dengan mandi, kita mungkin juga hanya butuh mencuci rambut setiap dua hingga tiga hari sekali, tergantung pada kebutuhan masing-masing individu.

3. Penggunaan Deodoran

Penggunaan deodoran dapat membantu kita untuk menutupi bau badan atau mengurangi intensitas keringat pada tubuh. Deodoran yang mengandung 'antiperspirant' akan lebih efektif, saat digunakan pada hari-hari dengan cuaca sangat panas di luar atau saat kita berencana melakukan olahraga.

4. Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Kebersihan mulut dan gigi juga tidak kalah penting dalam penerapan personal hygiene. Menyikat gigi dan flossing perlu diterapkan menjadi kebiasaan sehari-hari. Idealnya, kita harus menyikat gigi dan flossing saat pagi dan malam hari, atau dapat juga dilakukan setiap selesai makan untuk memberikan hasil yang lebih baik. Dengan menyikat gigi yang benar dan rajin, kita bisa terhindar dari risiko terkena bau mulut, gigi berlubang, penyakit gusi, dan berbagai masalah lainnya.

5. Mencuci Pakaian dan Seprai

Dalam menjaga tubuh agar tetap segar dan bersih, sebaiknya pakaian dan seprai juga dicuci secara berkala. Untuk pakaian dalam dan pakaian lainnya yang dikenakan langsung dan bersentuhan dengan kulit harus diganti setiap hari. Sedangkan, seprai tempat tidur bisa dibersihkan paling tidak setiap seminggu sekali.

 

Dengan menerapkan kebersihan diri (personal hygiene), diharapkan untuk kita terhindar dari paparan bakteri-bakteri berbahaya disekitar kita sehingga kita bisa hidup dengan sehat dan sejahtera. Karena kesehatan adalah hal yang paling berharga dan patut kita jaga. So, take care of your health

  11 Views    Likes  

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

previous post

Bingung pilih Bahasa Pemograman apa? Yuk simak 6 pilihan terbaik di 2021(part 1)
Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

next post

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

related posts