PERJUANGAN DAN TIPS MENDAPATKAN BEASISWA OSC

Assalamu'alaikum sahabat osc...

Perkenalkan namaku Salsabila Khairina, biasa di panggil Salsa. Aku adalah Alumni MAN 1 Medan dari jurusan MIA (matematika dan ilmu pengetahuan alam). Aku lulusan tahun 2021, daftar beasiswa osc di bulan agustus 2021 dan mendapatkan beasiswa OSC ditahun 2022. Kali ini aku akan menceritakan proses setelah kelulusanku hingga tips mendapatkan beasiswa online scholarship competition.

Setelah kelulusanku, aku masuk dalam siswa eligible dan mendaftar jalur snmptn. Namun aku tidak lulus. Dalam hal ini aku masih memiliki kesempatan untuk daftar jalur sbmptn, namun disayangkan bahwa rezeky tidak berpihak kepadaku. Aku dinyatakan tidak lulus. Hal itu tentu saja membuat aku sedih, termasuk keluargaku. Sempat terlintas dibenak untuk mencoba jalur mandiri, tetapi tidak tersampaikan karena aku memikirkan biaya yang akan dikeluarkan oleh orang tuaku nanti. Akhirnya aku memutuskan untuk gapyear.

Di sela-sela waktu gapyear, aku berusaha mencari informasi mengenai beasiswa. Aku mencoba beberapa beasiswa diantaranya beasiswa aperti bumn dan beasiswa bca. Namun aku gagal di kedua beasiswa itu. Tidak berhenti sampai disitu, aku mencari kembali dan mendapatkan informasi mengenai beasiswa kip kuliah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU). Aku berusaha agar kesempatan kali ini bisa membuahkan hasil. Namun sayang, kesempatan ini akupun tidak lulus. Setelah kegagalan yang aku hadapi ini, aku memutuskan untuk fokus dalam menghadapi utbk di tahun 2022.

Sehari setelah keputusan itu, aku mendapatkan informasi mengenai beasiswa osc di salah satu grup beasiswa sebelumnya yang aku coba. Hal ini tentu saja membuat semangat di diriku bangkit kembali. Aku yakin bahwa di beasiswa kali ini akan lulus. Akhirnya aku mendaftar beasiswa osc dan memilih Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dengan jurusan agribisnis. Dalam hal ini, tips dari aku yaitu pertimbangkan dalam memilih lokasi unversitas yang dituju karena nantinya akan berpengaruh pada biaya hidup, pola pikir, dan pergaulan kamu dilingkungan tersebut. Selain itu, pilihlah program studi yang kalian minati sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki. Jadi, jangan sampai kamu salah memilih dalam dua hal ini.

Tahap Proses Seleksi

Beasiswa OSC memiliki 3 tahap proses seleksi yaitu:

1. Tahap Seleksi Tes Online

Pada tahap ini, peserta akan mengerjakan soal yang telah ditentukan oleh setiap kampus. Biasanya instagram beasiswa osc akan memberikan kisi-kisi dari setiap kampus. Pastikan kamu belajar semaksimal mungkin. Di tahap ini, kita akan melihat hasil pengumuman melalui website oscmedcom.id. Di kampus UMSU hanya sekita seratus lebih yang lanjut ketahap berikutnya. Alhamdulillah aku dinyatakan lulus dan lanjut di tahap selanjutnya.

2. Tahap Seleksi Berkas

Pada tahap ini, pihak beasiswa osc akan memberikan informasi apa saja yang harus kita siapkan. Di sini, kita akan mengirim berkas tersebut melalui email masing-masing kampus. Diantaranya yaitu pas foto diri, surat pengantar dari sekolah/ijazah, scan un smp, scan nilai rapot dari semester 1 sampai 5, scan skck, scan skbn, scan sertifikat dan lainnya. 

Tahap kedua ini, aku mempersiapkan semuanya dengan sebaik mungkin dan tentunya di periksa kembali. Setelah beberapa hari kemudian, tibalah hasil pengumumannya. Dari sekitar seratus lebih peserta, hanya 33 peserta saja yang dinyatakan lulus dan lanjut ke tahap selanjutnya. Alhamdulillah, namaku tercantum disana.

3. Final Test

Tahap final test ini dilaksanakan pada tanggal 11 desember 2021. Setiap peserta akan melaksanakan final test dari kebijakan setiap kampus yaitu wawancara dan tes tulis. Namun, kampus UMSU yang saya tuju hanya melakukan tes wawancara saja. Saat itu saya berusaha memberikan jawaban yang terbaik. Tips dari aku, sebelum jadwal wawancara dimulai ada baiknya kamu terlebih dahulu mencari informasi mengenai interview baik di youtube maupun google. Selain itu kamu juga bisa bertanya langsung oleh seseorang yang sudah berpengalaman. Jawablah pertanyaan dengan jujur, jadi diri sendiri, dan tetap tenang.

Tibalah saatnya hari dimana dilaksanakannya OSC Awards 2021. Tahun ini diadakan secara online yang akan diumumkan secara live melalui youtube medcom.id. Ini adalah moment yang sangat menegangkan. Dari 33 peserta yang lolos ke tahap final test, hanya 20 peserta yang akan lulus mendapatkan beasiswa osc. Saat pembacaan kelulusan dari kampus UMSU, aku terus berdoa agar namaku dibaca dan tampil dilayar. Alhamdulillah, namaku disebut di urutan ke 14 dari 20 peserta yang terpilih. Ini adalah moment bahagia sekaligus berkesan selama perjuanganku sebelumnya.

Selama menjalankan perjuangan ini, aku hanya ingat satu hal bahwa "di setiap kegagalan pasti akan datang kebahagian dua kali lipat". Aku yakin Allah akan memberikan yang terbaik untuk kita." Yang terbaik menurut kita, belum tentu terbaik menurut Allah. Tapi yang terbaik menurut Allah, maka sudah pasti terbaik untuk kita". Pesanku untuk sahabat osc, jangan pernah menyerah walaupun banyak kepahitan yang kita dilalui. Jangan takut untuk mencoba hal baru. Tetap berjuang dan berusaha, karena Allah selalu bersama hamba-Nya.

Terima kasih kepada sahabat osc, semoga pengalaman dan tips dari aku bermanfaat untuk kita semua. Wassalamu'alaikum...

  215 Views    Likes  

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

previous post

Mengenal Kampus Almamater Para Idol Kpop, Dari Anggota BTS hingga Seventeen.
Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

next post

Maba Harus Tahu 6 Skill Penting Sebelum Masuk Kuliah!

related posts