Pesona Tropis Kalimantan Barat

Kalimantan merupakan pulau yang dikelilingi hutan hujan tropis. Keindahan hutan hujan tropis ini menyimpan bermacam-ragam habitat dari dataran rendah hutan hujan tropis hingga daerah pegunungan hutan. Hutan hujan tropis juga merupakan suatu bioma hutan yang selalu basah sepanjang tahun artinya hutan tersebut akan diguyur hujan sepanjang tahun. Hutan hujan tropis hampir di jumpai di daerah sekitar garis khatulistiwa, Kalimantan barat berada pada garis khatulistiwa. Hutan Kalimantan barat merupakan rumah bagi beragam jenis flora dan fauna. Banyak sekali buah-buahan tertentu yang hanya dapat tumbuh di hutan Kalimantan barat dengan bentuk dan rasa yang unik daripada tumbuhan buah-buahan lain.

Kalimantan barat adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan dengan ibukota provinsi yaitu Kota Pontianak. Hutan hujan tropis disebut sebagai paru-paru dunia karena berdasarkan penelitian bahwa hutan ini menghasilkan hampir 40% oksigen yang ada di bumi. Indonesia perlu melakukan usaha penanggulangan dan pencegahan kerusakan hutan hujan tropis. Usaha yang dapat dilakukan dalam upaya pencegahan ini adalah berfokus pada pendidikan masyarakat, rehabilitasi hutan hujan tropis, hidup dengan tidak merusak lingkungan, dan hutan lindung.

Berbagai potensi daerah, memberikan beragam pengalaman menarik untuk diulas. Kalimantan barat dapat menjadi sebuah destinasi wisata yang komplit, yaitu wisata kuliner, wisata budaya, terutama wisata alam nya. Udara yang segar, langit yang bertabur bintang, gesekan dedaunan dari rimba borneo, serta bunyi-bunyian alam yang membawa ketenangan menjadi suatu hal yang disebut sebagai pesona tropis Kalimantan barat.

  2466 Views    Likes  

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

previous post

Moralitas dan Etika Profesional dalam Menyongsong Generasi Pemimpin Masa Depan
Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

next post

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

related posts