Rahasia Mengatur Keuangan Bulanan Khususnya Bagi Anak Kos

Masa-masa awal menjadi anak kos adalah masa yang terberat apalagi bagi mereka yang tidak terbiasa melakukannya sendiri. Anak kos harus cermat dalam mengelola keuangannya untuk mencegah keborosan. Kita harus bisa membedakan mana hal yang merupakan kebutuhan dan wajib untuk dibeli dengan yang hanya keinginan sesaat saja. Mengelola keuangan bukanlah hal yang mudah, tapi jika dibiasakan lama-kelamaan kita akan terbiasa untuk menggunakan uang seperlunya saja. Berikut beberapa tips dalam mengelola keuangan bulanan untuk anak kos.

1. Membuat catatan kebutuhan dan anggaran belanja bulanan

Sebagai anak kos yang jauh dari orang tau, kita bertanggung jawab terhadap kebutuhan pribadi kita. Sebelum berbelanja, ada baiknya kita mencatat terlebih dahulu apa saja yang perlu kita beli. Kita juga harus menjatah uang bulanan dengan cara membuat anggaran keuangan setiap bulannya. Dengan cara seperti ini, kita akan lebih mudah menyesuasikan pemasukan dan pengeluaran bulanan.

2. Menabung

Menabung adalah hal yang sangat wajib untuk dilakukan oleh semua orang termasuk anak kos. Dengan menabung kita akan mendapatkan banyak keuntungan, contohnya kita akan menjadi lebih disiplin. Jika kita baru saja mendapatkan kiriman dari orang tua, pastikan untuk menabung berapa pun jumlahnya. Karena bisa saja kita memerlukan dana darurat. Jika kita bisa menabung dengan konsisten, kebiasaan ini akan melekat pada diri kita hingga masa mendatang.

3. Menjatah pengeluaran harian

Catatlah pengeluaran dalam satu hari dan jumlahkan berapa uang yang dibutuhkan. Nah, jumlah itulah yang akan menjadi jatah harian kamu. Itu artinya, hanya sejumlah itu saja kamu boleh menggunakan uang dalam satu hari, jangan sampai lebih. Kurangi keinginan untuk bermewah-mewah. Tapi jika dalam satu hari kamu menggunakan uang lebih dari yang sudah ditentukan, maka dikeesokan harinya kamu harus menggunakan lebih sedikit uang dari yang sudah ditentukan. Ini dilakukan agar kondisi keuangan kita tetap stabil.

4. Mengurangi kegiatan yang tidak penting

Dalam usaha kita untuk berhemat, kurangilah kegiatan yang tidak penting seperti berpergian ke mall, menongkrong di cafe, dan lainnya. Karena jika kita pergi ke tempat-tempat seperti itu, mau tidak mau kita pasti akan jajan atau membeli barang tidak penting lainnya. Sebagai anak muda, kita memang perlu bersosialisasi untuk memperbanyak relasi. Jika ingin berkumpul, sebaiknya dilakukan ditempat yang tidak memerlukan banyak pengeluaran seperti pergi berjalan-jalan di taman, membaca buku di perpustakaan, atau menongkrong di salah satu kos teman.

5. Memasak dan membawa bekal

Memasak merupakan hal yang paling malas dilakukan oleh anak kos. Tetapi, memasak makanan sendiri ternyata lebih murah dibandingkan membeli makanan dari luar. Selain lebih puas dan lebih higienis, kita juga bisa belajar lebih banyak menu makanan. Dan pastinya kita tidak perlu malu untuk membawa bekal ke tempat kuliah.

6. Bekerja paruh waktu

Bagi kalian yang bisa mengatur waktu atau memiliki banyak waktu luang, gunakanlah waktu kalian untuk menambah saldo tabunganmu dengan cara mencari pekerjaan paruh waktu. Jadi jika orang tua terlambat untuk mengirimkan uang bulanan, kamu tidak akan terlalu panik dan tidak terlalu bergantung dengan uang kiriman orang tuamu. Pekerjaan paruh waktu juga memiliki banyak manfaat. Selain menambah relasi, perkerjaan paruh waktu juga bisa meningkatkan skill kamu dalam dunia pekerjaan dan meningkatkan produktivitas.

7. Menyiapkan uang pas di dompet

Siapkanlah uang yang pas di dompet sesuai dengan jumlah jatah uang harian yang sudah dibuat, agar kita tidak mudah tergiur untuk jajan atau berbelanja hal yang tidak diperlukan.

8. Jangan menunda untuk membayar tagihan bulanan

Jika memiliki tagihan bulanan, ada baiknya jangan menunda untuk membayar tagihan tersebut. Karena jika terbiasa menunda kita akan lupa dan uangnya akan terlanjur digunakan untuk hal yang lain, sehingga kita tidak memiliki uang lagi untuk membayar tagihan. Mulai dari sekarang, berhentilah untuk melakukan hal tersebut jika tidak mau hal yang tidak kita inginkan terjadi.

9. Menghemat pulsa atau kuota

Sebagai pengguna smartphone kita pasti membutuhkan pulsa atau kuota. Maka, belilah pulsa atau kuota sesuai kebutuhan kita dan ingatlah bahwa pulsa atau kuota yang kita beli adalah untuk satu bulan kedepan. Jadi, usahakanlah untuk menggunakan pulsa atau kuota sebaik mungkin, kurangilah menelepon atau menonton jika tidak penting.

10. Perbanyak teman

Memiliki banyak teman sangatlah baik untuk menambah relasi. Dengan memiliki banyak teman, kita akan lebih mudah untuk mendapatkan bantuan saat kita sedang kesusahan. Tapi, usahakan untuk tidak terlalu sering meminjam barang atau bahkan uang teman apalagi sampai tidak mengembalikannya.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kita lakukan khusunya sebagai anak kos untuk mengatur keuangan bulanan kita. Jangan sampai seperti kata pepatah 'lebih besar pasak daripada tiang' yang artinya lebih besar pengeluaran daripada pemasukan. Semoga bermanfaat!!

  3 Views    Likes  

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

previous post

REVIEW FILM SRI ASIH LANJUTAN DARI GUNDALA
Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

next post

Tips Menjaga Kesehatan selama Nge-Kost

related posts