banner

Saya Pernah Mengalami Stres, Anda? Ini Cara Mudah Mengatasinya

Apakah Anda sedang mengalami stres? Jika ya, maka Anda perlu mengikuti beberapa tips yang telah diuji yang dapat membantu Anda terbebas dari stres.

Weinberg dan Gould (2003) mendefinisikan stres sebagai "a substantial imbalance between demand (physical and psychological) and response capability, under condition where failure to meet that demand has importance consequences". Artinya, ada ketidakseimbangan antara tuntutan (fisik dan psikis) dan kemampuan memenuhinya. Gagal dalam memenuhi kebutuhan tersebut akan berdampak krusial.

Sebagai salah satu gangguan psikologis, stres tidak bisa dianggap remeh. Jika tidak segera diatasi, maka akan berpotensi menimbulkan akibat yang semakin buruk, seperti depresi bahkan bisa saja berakhir bunuh diri. Tidak perlu khawatir, berikut beberapa cara mudah yang bisa dilakukan ketika mengalami stres.

Menulis

Menulis dianggap mampu mengurangi stres karena saat Anda berhasil mengeluarkan emosi-emosi negatifnya (perasaan sedih, kecewa, berduka) ke dalam tulisan, Anda dapat mulai mengubah sikap dan meningkatkan kreativitas. Hasil penelitian terdahulu menunjukkan bahwa teknik menulis ekspresif  bisa mengurangi stres. Maka dari itu, luangkan waktu 20 menit dan sampaikan emosi yang Anda rasakan selama berinteraksi sosial dalam bentuk penggunaan kata-kata.

Musik

Djohan (2006) mengemukakan bahwa terapi musik berperan sebagai salah satu teknik relaksasi untuk memperbaiki, memelihara, mengembangkan mental, fisik, dan kesehatan emosi. Musik selain dapat meningkatkan kesehatan seseorang juga dapat meringankan dari rasa sakit, perasaan-perasaan, dan pikiran yang kurang menyenangkan serta membantu untuk mengurangi rasa cemas. Anda bisa mendengarkan jenis musik apa saja yang Anda suka.

Aromaterapi Lavender

Penelitian ilmiah oleh Afrianti Wahyu Widiarti, dkk (2015), aromaterapi lavender adalah terapi yang menggunakan minyak essensial yang dinilai dapat membantu mengurangi bahkan mengatasi gangguan psikologis dan gangguan rasa nyaman, seperti cemas, stres, depresi, dan sebagainya. Cara menggunakannya, berendam dalam air hangat yang ditambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi lavender.

Olahraga

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga yang teratur dapat menurunkan stres seseorang. Hal ini terjadi karena olahraga dapat menurunkan hormon kortisol dan epineprin serta meningkatkan hormon norepineprin sebagai antidepresan. Olahraga yang mudah dan sederhana dapat dilakukan, seperti berjalan, berlari, bersepeda, berenang, yoga, dan sebagainya.

Praktikkan Pernapasan Perut

Pernapasan perut akan menstimulasi nervus vagus atau vagus nerve. Dimana ini bisa mengaktifkan respons relaksasi di dalam tubuh, seperti menurunkan tekanan darah, menurunkan denyut jantung, dan akhirnya menurunkan ketegangan dalam diri kita. Cara melakukannya, berbaringlah terlentang dengan lutut ditekuk. Letakkan satu tangan di dada Anda dan yang lain di perut Anda tepat di bawah tulang rusuk Anda. Tarik napas perlahan melalui hidung sehingga perut mengembang ke tangan Anda. Tangan di dada Anda seharusnya tidak bergerak. Perlahan-lahan buang napas melalui hidung atau mengeluarkan bibir dan rasakan perut bergerak ke posisi semula. Ulangi selama lima sampai 10 menit. Saat Anda merasa lebih nyaman dengan teknik ini, berlatihlah duduk atau berdiri.

Anda juga sebaiknya menghindari segala sesuatu hal yang membuat Anda semakin stres. Jagalah kesehatan mental Anda, selamat mencoba!  

  0 Views    Likes  

banner
10 Langkah Membangkitkan Kegeniusan Mengelola Uang ala Robert Kiyosaki

previous post

Gaya Hidup Sehat di tengah pandemi covid-19
10 Langkah Membangkitkan Kegeniusan Mengelola Uang ala Robert Kiyosaki

next post

10 Langkah Membangkitkan Kegeniusan Mengelola Uang ala Robert Kiyosaki

related posts