banner

Tips Jitu Mengajarkan Anak Usia Dini Puasa Di Bulan Ramadhan

 

Tips Jitu Mengajarkan Anak Usia Dini Puasa Di Bulan Ramadhan

Hallo sobat OSC, Marhaban Ya Ramadha . Alhamdulillah Allah memberikan kita kesempatan untuk bertemu kembali dengan bulan yang penuh keberkahaan, bulan yang penuh ampunan dan serta bulan yang penuh dengan kebaikan yaitu Bulan Ramadhan. Tentunya ada yang berbeda dengan bulan Ramadhan kali ini, Bulan Ramadhan kali ini kita jalankan ditengah pandemi yang sudah memakan banyak nyawa, karena hal tersebut pemerintah menetapkan WFH dan himbauan- himbauan lainnya. Selalu ada hikmah disetiap kejadian bukan? Karena hal tersebut tentunya orang tua yang memiliki anak- anak usia dini menjadi lebih banyak waktu bersama anak- anaknya dan dapat mengajarkan serta mendidik anak-anak untuk dapat berpuasa sejak dini. Kali ini aku akan memberikan Tips Jitu Mengajarkan Anak Usia Dini Puasa Di Bulan Ramadhan. Berikut Tips Jitunya :

Mengenalkan anak tentang Rukun Islam 

Nah Bunda, Ayah dan Kakak dapat mengawali dengan mengenalkan Rukun Islam . Misalanya “Ade Sholeh, anak Bunda yang pintar tahu gak rukun Islam ada beberapa ? Bunda ada lagu nih liriknya Rukun Islam ada 5, 1 Syahadat 2 Shalat 3 Zakat 4 Puasa dan yang ke 5 Ibadah haji bagi yang mampu” . Nah dengan begitu anak Bunda akan mengenal bahwa Puasa adalah rukun Islam yang ke 4.

Bunda dapat bercerita tentang keutamaan-keutamaan puasa

Misalnya Bunda berkata “ Ade Sholeh , anak Bunda yang pinter pada bulan Ramadhan itu setiap muslim yang sehat diwajibkan berpuasa .Waktu puasa adalah sejak terbit fajar (waktu subuh) hingga matahari terbenam, disertai dengan niat. Jadi orang- orang berpuasa itu menahan diri dari makan dan minum . Nah Orang- orang yang berpuasa nanti Allah hadiahkan surga loh, Ade ganteng mau dapat Surga gak?”

Berikan Contoh yang baik

Seperti yang kita tahu bahwa anak usia dini adalah seorang peniru yang handal, jadi Bunda, Ayah dan Kakak harus memberikan contoh yang baik, salah satunya menjalankan ibadah berpuasa dibarengi dengan menjalankan ibadah- ibadah lainnya seperti sholat, membaca Al- Qur’an dan bersedekah.

Tidak memaksa

Rasulullah mengajarkan puasa pada anak yang dapat kita praktekan. Kita dapat melatih anak-anak agar berpuasa sejak dini. Jika anak-anak sudah mulai meminta makan karena mereka telah merasa lapar, Bunda, Ayah serta Kakak dapat memberikan pengalihan perhatian dengan mengajak bermain atau pergi mencari hiburan. Cara ini dapat membuat anak-anak lupa akan rasa laparnya dan mereka dapat melanjutkan puasanya sehingga bisa bertahan sampai datangnya waktu berbuka.

Memberikan ganjaran

Bunda, Ayah serta Kakak dapat memberikan ganjaran berupa hadiah yang disukai anak-anak jika mereka dapat menyelesaikan puasa mereka dalam sehari atau sebulan penuh. Misalnya “Ade baik, Ade anak Bunda yang Sholeh nanti kalau Puasanya sampai magrib Bunda kasih hadiah ya, nanti Bunda masakin makanan kesukaan Ade. Jadi Ade semangat ya”.

Semoga tips- tips di atas dapat membantu Sobat OSC  :)

  41 Views    Likes  

banner
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

previous post

Cara Mudah dan Cepat Menghafal 16 Tenses Bahasa Inggris
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

next post

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

related posts