Tips memilih PTS (Perguruan Tinggi Swasta) dengan bijak

     Halo sobat OSC semua, apa kabar? Semoga baik ya karena kali ini saya akan berbagi informasi atau tips nih untuk sobat OSC dalam memilih kampus swasta yang terbaik.Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat kepada teman-teman dan sobat OSC yang lulus jalur SBMPTN yang beberapa hari lalu hasil keputusannya sudah diumumkan, kalian luar biasa.Dan saya juga ingin mengucapkan tetap semangat dan jangan menyerah untuk teman-teman yang belum lulus. Jangan putus asa ya. 

     Oh iya nih sesuai dengan judul artikel saya kali ini, saya akan berbagi tips untuk teman-teman dan sobat OSC dalam memilih kampus swasta nih. Kalau di PTN belum rezekinya boleh kok coba di PTS siapa tau berjodoh wkwk. 

     PTS sendiri merupakan Perguruan tinggi yang didirikan dan dikelola oleh lembaga non-pemerintah (yayasan) dengan koordinasi di bawah Kopertis (Koordinator Perguruan Tinggi Swasta).PTS menjadi pilihan kedua untuk kuliah, jika gagal masuk PTN. 

     Katanya PTN selalu lebih unggul dibandingkan PTS, namun faktanya banyak PTS yang memiliki kualitas setara dengan PTN, bahkan lebih dari PTN. Adapun tips yang harus sobat OSC pertimbangkan saat akan memilih PTS yang terbaik : 

1. Akreditasi Kampus

    Akreditasi menjadi salah satu poin utama saat kita akan memilih kampus, baik PTN maupun PTS. Akreditasi merupakan upaya pemerintah untuk menstandarisasi mutu sebuah kampus. Karena semakin tinggi akreditasinya maka citra lulusannya semakin berkualitas. 

2. Akreditasi Program Studi atau Jurusan

    Selain akreditasi kampus, yang selanjutnya perlu dipertimbangkan adalah akreditasi program studinya, karena akreditasi sebuah program studi salah satu yang mempengaruhi saat mencari pekerjaan di masa depan. Akreditasi kampus berbeda dengan akreditasi program studi. Biasanya akreditasi kampusnya A (sangat baik) tapi bisa saja akreditasi program studinya B (Baik) atau masih C (Kurang) bahkan belum terakreditasi.Untuk melihat akreditasi kampus bisa sobat OSC lihat di akun resmi BAN-PT. 

3. Biaya Kuliah

   Biaya kuliah di PTS memang terkenal cenderung lebih mahal dibandingkan dengan biaya kuliah di PTN.Namun, tidak semua PTS memiliki biaya kuliah yang mahal, banyak juga loh dengan biaya terjangkau bahkan biasanya membuka atau menawarkan beasiswa. Biasanya kampus dengan biaya yang mahal menunjang fasilitas yang baik juga. 

4. Fasilitas Kampus

    Fasilitas kampus juga perlu diperhatikan dalam memilih sebuah PTS, karena fasilitas sebagai penunjang bagi para mahasiswa dan mahasiswi baik fasilitas kampus hingga fasilitas Jurusan. Misalnya fasilitas laboratorium untuk sobat OSC yang ingin mengambil jurusan di Saintek. 

5.Lokasi Kampus

   Selanjutnya lokasi kampus juga menjadi pertimbangan saat akan berkuliah nanti.Kita harus melakukan survei Apakah lokasi kampus yang diinginkan ada di daerah domisili kita atau tidak, jika tidak barulah mencari di luar daerah. Karena, tujuannya menyangkut biaya yang akan kita keluarkan selama kuliah. Misalnya, biaya hidup, uang kos, belum lagi uang UKT, atau transportasi dan lain sebagainya apalagi bagi anak rantau. 

6. Rekomendasi dari alumni

    Nah sobat OSC setelah memilih kampus dengan akreditasi, biaya dan fasilitas selanjutnya rekomendasi dari alumni atau lulusan dari sebuah kampus juga penting.Pengalaman dari para alumni bisa sobat OSC jadikan sebagai informasi tentang dunia kampus yang sebenarnya yang telah alumni lewati lebih dulu. 

   Dalam memilih kampus PTS,  harus sangat dipertimbangkan dengan sebaik dan sebijak mungkin yang menurut kamu cocok, baik dan berkualitas sesuai dengan kebutuhanmu. Karena yang menurut orang lain baik belum tentu baik buat kamu. Jadi selain tips di atas tadi kenali diri terlebih dahulu ya sebelum memilih kampus impian kamu :).Jangan bersedih mari ke swasta bersamaku wkwk.Sekian, semoga bermanfaat.

  59 Views    Likes  

Ayo Susul Jerome Polin Berkuliah di Jepang Gratis dengan 7 Beasiswa ini!

previous post

Mau Lanjut Kuliah di Korea Selatan Tanpa Biaya? Kuy Kepoin 7 Beasiswa ini!
Ayo Susul Jerome Polin Berkuliah di Jepang Gratis dengan 7 Beasiswa ini!

next post

Ayo Susul Jerome Polin Berkuliah di Jepang Gratis dengan 7 Beasiswa ini!

related posts