banner

TIPS SEHAT BERPUASA DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Bulan suci Ramadan bagi umat Islam adalah bulan yang di nanti-nanti, Namun kali ini, Ramadan akan terasa sangat berbeda. Ramadan kali ini dijalani di tengah pandemi Covid-19. Ibadah tarawih pun diimbau dilaksanakan di rumah saja, berbuka puasa ditiadakan. Sementara physical distancing terus diimbau oleh pemerintah. Orang diminta membatasi jarak satu sama lain, tetap di rumah dan tidak mudik demi mengerem laju penyebaran virus penyebab Covid-19. Pada saat berpuasa, tubuh memiliki situasi dan kondisi yang berbeda. Mulai dari siklus pencernaan yang berbeda dari hari-hari sebelumnya hingga waktu tubuh untuk istirahat. Walaupun kita menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19. Agar tubuh tetap sehat dan memiliki stamina yang tepat harus memiliki beberapa cara menjaga Kesehatan tubuh. Seperti dibawah ini tips menjaga Kesehatan tubuh selama berpuasa :

1. Mengonsumsi air putih yang cukup

kekurangan cairan saat puasa dapat menyebabkan tubuh menjadi lemas, bahkan mungkin tidak kuat untuk melanjutkan puasa. Kita dianjurkan untuk minum sebanyak minimal 8 gelas per hari, untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Namun saat puasa, kebutuhan  minum harus bisa dipenuhi saat waktu sahur dan berbuka, untuk menghindari dehidrasi dan agar terhindar dari virus covid-19. oleh karena itu, pastikan minum 8 gelas saat puasa selama di antara waktu berbuka dan sahur, atau bisa lebih dari jumlah ini jika merasa membutuhkannya lebih banyak. Bagilah ke dalam pola dua gelas saat berbuka, empat gelas setelah salat tarawih atau sebelum tidur, dan dua gelas lagi saat sahur. Pola ini populer dengan nama pola 2-4-2. Bagaimana cara membagi jumlah gelas air yang dikonsumsi saat puasa sebenarnya tergantung pada selera masing-masing. Hal penting yang perlu diingat adalah pastikan kamu memenuhi setidaknya 8 gelas air per hari saat puasa.

2. Berolahraga

Selama kurang lebih 13-15 jam, tubuh tidak mendapat suplai makanan dan minuman apapun. Namun walaupun sedang berpuasa tubuh tetap bisa beraktivitas seperti biasa termasuk berolahraga  banyak yang menyarankan untuk berolahraga setelah berbuka puasa. ini di karenakan tubuh telah mendapat energi kembali dari makanan dan minuman  akan tetapi ada juga yang mengatakan bahwa kita bisa melakukan olahraga saat puasa sekitar 30-60 menit menjelang berbuka, jadi ketika selsai olahraga kita bisa langsung makan dan minum. kamu bisa menyesuaikan dengan kemampuan tubuhmu supaya tidak merasa lemas atau pusing saat berolahraga.

3. Menjaga pola makan

Jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka juga perlu di perhatikan selain waktu makan, porsi juga pasti berubah sebaiknya selalu upayakan untuk mengonsumsi makanan  yang mengandung gizi lengkap, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin sampai dengan mineral supaya kebutuhan tubuh dapat terpenuhi semuanya. saat sahur disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks dan makanan beserat supaya energi dalam tubuh tidak cepat habis. untuk memenuhi kebutuhan protei kamu bisa mengonsumsi ikan, telur, dan daging pastikan kamu bijak dalam memilih makanan saat bulan puasa cukup asupan gizi pun bisa meminimalkan risiko terinfeksi covid-19.

4. Tidur yang cukup

Pola makan bukanlah satu-satunya hal yang berubah dalam rutinitas kamu selama bulan puasa. Kewajiban untuk bangun di pagi buta demi makan sahur tak ayal membuat waktu tidur malam jadi berkurang. Perubahan pola tidur saat puasa inilah yang tanpa disadari kerap menjadi alasan mengapa kita sering lemas dan mengantuk sepanjang hari. karena harus bangun dini hari untuk sahur, maka kurangilah begadang supaya tubuh tetap bugar saat puasa pastikan kamu tidur setidaknya 7 jam per hari.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  61 Views    Likes  

banner
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

previous post

Cara Mudah dan Cepat Menghafal 16 Tenses Bahasa Inggris
Cara Menjadi Pendengar yang Baik

next post

Cara Menjadi Pendengar yang Baik

related posts