WISATA CANDI TEGOWANGI SEBAGAI PENINGGALAN SEJARAH DI KEDIRI

Halo sobat OSC!

Membahas mengenai peninggalan sejarah, Indonesia memiliki banyak peninggalan sejarah yang menjadi saksi kehidupan di masa lalu. Salah satunya yaitu ditemukannya Candi Tegowangi yang berada di Kabupaten Kediri.

Candi Tegowangi termasuk candi yang berukuran kecil. Berukuran 11,2 x 11,2 meter dan tinggi 4,35 meter menghadap ke arah barat. Lokasi Candi tegowangi berada di Desa Tegowangi, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Candi Tegowangi dibuka sebagai tempat wisata dan banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun orang dari luar daerah. Untuk masuk ke kawasan candi, pengunjung tidak perlu dikenakan biaya.

Selain tempat wisata, Candi Tegowangi juga digunakan sebagai tempat untuk menyelenggarakan acara budaya. Seperti acara Pekan Budaya dan Pariwisata yang diadakan oleh pemerintah kabupaten kediri, Festival Panji Nusantara, Festival Panji Internasional dan acara kebudayaan lainnya.

Candi Tegowangi merupakan bangunan yang diduga peninggalan sejarah kerajaan Majapahit yang berlatarbelakang agama Hindu . Dilihat dari ditemukannya arca Parwati Adhenari, Garuda berbadan manusia, dan Yoni dengan pancuran berbentuk naga.  Disebutkan dalam kitab Pararaton, Candi Tegowangi adalah tempat pendharmaan atau tempat penghormatan Bhre Matahun yang dibangun sekitar tahun 1400 masehi.

Hingga sekarang, Candi Tegowangi masih tetap terjaga keutuhannya. Meskipun telah mengalami rekonstruksi pada tahun 2014 akibat meletusnya gunung kelud dan pada tahun 1993 karena candi mengalami amblas di bagian dasar. Kawasan di sekitar candi juga bersih dan terawat. Ditambah ada pepohonan yang membuat suasana lebih segar.

Kekayaan budaya dan peninggalan sejarah yang dimiliki bangsa ini sudah semestinya harus dijaga, dirawat, dan dilestarikan. Jangan sampai budaya baru menenggelamkan sejarah yang memberikan pelajaran dan nilai-nilai luhur. 

 

 

Sumber: 

Mulyadi, Lalu. 2018. Makna Relief dan Arca Candi Surowono dan Candi Tegowangi Situs Kerajaan Kadiri. Malang: Dream Litera Buana.

  5 Views    Likes  

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

previous post

Bingung pilih Bahasa Pemograman apa? Yuk simak 6 pilihan terbaik di 2021(part 1)
Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

next post

Bingung Pilih Bahasa Pemograman Apa? Yuk Simak 6 Pilihan Terbaik Di 2021(Part 2)

related posts