banner

Yuk Kenali BK !!!

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hallo gaes..    Nama saya Oca Restavia dari BKI’19 UAI.. Simak yu penjelasan singkat mengenai BK!!

   Apa sih bimbingan itu?

Mungkin dari kalian ada yang menjawab pelayanan, tuntunan, saran atau bahkan nasihat. Ya benar, namun lebih tepatnya bimbingan adalah sebuah pelayanan/bantuan yang teratur dan sistematik dari seseorang kepada orang lain (individu/kelompok) yang tidak setara (seusia) serta bertujuan membantu orang tersebut menemukan arah hidupnya.

   Kemudian, sekarang kita beralih pada konseling. Apa sih konseling itu?

Secara singkat, konseling dapat diartikan sebagai pelayanan, konsultasi, atau bahkan curhat. Namun lebih jelasnya, konseling adalah sebuah proses dimana seorang ahli memberikan bantuan kepada individu atau kelompok untuk memandirikan mereka serta meningkatkan kekuatan-kekuatan dalam dirinya agar bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

 

Nah mungkin itulah sekilas pengertian dari bimbingan dan juga konseling. Untuk selanjutnya, apakah bimbingan harus selalu beriringan dengan konseling? Tentu tidak ya, karena tidak setiap orang yang dibimbing itu membutuhkan konseling. 

Lalu, kenapa bimbingan dan konseling itu dibutuhkan? BK sangat dibutuhkan karena :   *Filosofis* – Manusia tidak pernah terlepas dari masalah. – Manusia mempunyai potensi yang bisa dikembangkan seoptimal mungkin.   *Psikologis* – Manusia bersifat unik. – Manusia memiliki kebebasan dan kemerdekaan untuk mengembangkan keunikannya.   *Tatanan Sosial dan Budaya* – Terjadi perubahan sistem nilai dalam kehidupan sosial budaya (misalnya penggunaan sosial media). – Membantu individu memelihara, menginterpretasi, dan memaknai nilai sebagai landasan dan arah pengembangan diri.   *Kemajuan IPTEK yang sangat pesat*

–   Adanya penyalahgunaan IPTEK oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. –   Munculnya perang informasi dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, karena sifat penggunaan sistem secara bersama.

Nah, mungkin itulah beberapa alasan mengapa BK itu sangat dibutuhkan. Untuk selanjutnya, apa sih tujuan Konseling?    Setiap ahli tidak pernah sepakat mengenai tujuan konseling, karena masing-masing memiliki tujuan yang berbeda. Namun, kita sepakat bahwa tujuan konseling itu untuk memandirikan klien. Selain itu, ada beberapa tujuan konseling menurut Gladding, diantaranya : – Memfasilitasi perubahan perilaku.   – Meningkatkan pengetahuan atau keterampilan seseorang.   – Memperbaiki emosi seseorang.   – Membantu bagaimana caranya klien mampu membuat proses atau keputusan atas dirinya sendiri dan mampu mempertanggungjawabkannya.   – Pengembangan kemampuan serta kekuatan seorang klien agar bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

  Selanjutnya, kalian harus tahu nih kalo seseorang yang mempunyai keahlian untuk melakukan konseling itu disebut “Konselor”. Lalu apa aja sih tugas seorang konselor? Yu simak poin-poin di bawah ini gaess..    – Memberikan bimbingan kepada seseorang (individu/kelompok) dengan maksud agar mereka mampu mengatasi permasalahan pribadinya dan dapat mempertanggungjawabkannya.    – Memberikan cerminan yang baik agar dapat menjadi teladan bagi kliennya, dan harus lebih dewasa, bijaksana, serta mampu memberikan solusi.    – Berpikir dan bertindak positif, kreatif dan inovatif.          Sudah cukup jelas ya . Itulah sekilas informasi mengenai Bimbingan dan Konseling. Mohon maaf jika ada tutur kata yang salah. Terima kasih sudah membaca gaes??

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

  41 Views    Likes  

banner
Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

previous post

Keuntungan Menabung di Reksadana
Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

next post

Berbuat Baik Tanpa Imbalan Baik

related posts