banner

5 Cara Meningkatkan Daya Ingat Secara Alami Agar Tidak Mudah Lupa

Halo Para Pembaca OSC Community ? Apa Kabar ?

Pada artikel kali ini, saya akan memberikan tips meningkatkan daya ingat nih...

Lupa dan ingat adalah dua hal yang paling sering dialami manusia sepanjang hidupnya. Dengan mengingat segala hal penting pastinya bisa membuat urusan kita lebih mudah, sebaliknya kalau sedikit-sedikit lupa dan lupa lagi, awas jadi orang yang cepat pikun loh...

Ada beberapa cara yang bisa membantu kita untuk meningkatkan daya ingat, yaitu :

1. Makanan Untuk Berpikir

Untuk menjaga ingatan agar tetap muda walau otak mulai menua, ilmuwan menyarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti blueberry, apel, pisang, sayuran berwarna hijau tua, bawang, dan wortel. Antioksidan merupakan molekul yang dengan mudah mengikat dan menetralkan elektron yang disebut dengan radikal bebas yang berkeliaran secara bebas di aliran darah. Radikal bebas ini akan bertambah seiring bertambahya usia dan yang berbahaya dapat membunuh otak.

Sebagian otak manusia terbuat dari lemak sehat, termasuk yang paling penting adalah Omega-3. Agar otak bisa memperbaiki dirinya sendiri dan menjadi neuron-neuron yang tersambung dengan benar, kita harus memberikan makanan yang tepat untuk otak. Nah Omega-3 banyak ditemukan di jenis ikan dan kacang-kacangan.

2. Mengunyah Permen Karet

Penelitian pada tahun 2002 yang dilakukan di Inggris menemukan bahwa mengunyah permen karet dapat memberikan hasil yang baik pada uji ingatan jangka panjang dan jangka pendek dibandingkan dengan mereka yang tidak mengunyah apapun. Para ilmuwan menduga, tindakan mengunyah permen karet akan menghasilkan air liur yang dapat meningkatkan denyut jantung sehingga mempengaruhi fungsi daerah otak yang disebut hippocampus yang menyebabkan tubuh melepaskan insulin sebagi persiapan untuk metabolisme makanan.

3. Permainan Otak

Sebuah program yang disebut dengan Lumosity dikembangkan dengan bantuan ilmuan saraf dan psikolog kognisi dari Standford University dan University of California di San Francisco secara khusus dirancang untuk orang tua yang ingin memperbaiki ingatan, konsentrasi, keterjagaan, dan bahkan mood mereka. Tentu saja, selalu ada olahraga otak yang klasik dan murah meriah, seperti Sudoku dan teka-teki silang yang bisa ditemukan di mana saja. Latihan-latihan itu akan menggugah pengetahuan dan membantu saraf-saraf di otak saling bersambungan.

4. Tidur

Dalam skala penelitian di laboratorium dengan menggunakan tikus yang tidur, dua area di otak, yaitu hippocampus dan medial prefrontal cortex, area yang berakitan dengan pengambilan ingatan dari masa lalu (baik di manusia atau tikus) berputar menayangkan kejadian-kejadian sepanjang hari itu. Proses ini dipercaya sangat penting untuk mengonsolidasikan dan merapikan file-file ingatan-ingatan baru yang terbentuk.

5. Berjalan Kaki

Penelitian menunjukan bahwa pusat ingatan di otak yang disebut hippocampus menyusut seiring bertambahnya usia. Namun penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 memberikan kabar bagus, orang dewasa yang beranjak tua yang rutin melakukan jalan kaki dapat mempertahankan volume hippocampus. Penelitian yang dipimpn oleh Arthur F. Kramer dari Unniversity of Illinois Urbana-Champaign itu melibatkan 60 orang dewasa berusia 55 tahun sampai 80 tahun. Mereka melakukan jalan kaki tiga kali seminggu masing-masing selama 40 menit.

Aktivitas tersebut cukup untuk meningkatkan denyut jantung mereka. Peserta lain dalam jumlah yang sama melakukan latihan pengencangan otot beban, yoga, dan peregangan dalam intensitas yang sama. Setelah 1 tahun pengencangan, anterior hippocampus peserta hilang sedikit diatas 1% dari volumenya secara rata-rata. Sebaliknya, setahun latihan aerobik membuat peningkatan sekitar 2% pada anterior hippocampus, membalikkan penuaan alami hippocampus selama sekitar 2 tahun.

Ilmuwan percaya bahwa hal itu disebabkan oleh imbas latihan yang menimbulkan stres ringan yang memicu produksi faktor pertumbuhan di otak. Kemungkinan juga dikarenakan aliran darah yang lebih besar ke otak sehingga semakin banyak nutrisi dan oksigen yang dihantarkannya.

  0 Views    Likes  

banner
Nasionalisme di Generasi Milenial

previous post

Mengenal Lebih Jauh Tentang Taijiquan
Nasionalisme di Generasi Milenial

next post

Nasionalisme di Generasi Milenial

related posts