Cegah Demam Berdarah dengan 3M+

Halo Sobat OSC!! Melihat beberapa hari terakhir, sepertinya beberapa daerah di Iindonesia mengalami peningkatan curah hujan yang cukup tinggi bukan? Akibatnya beberapa daerah di Indonesia ada yang sampai tergenang air akibat dari intensitas hujan tinggi yang tidak diimbangi dengan volume aliran air yang dapat ditampung oleh saluran air. Banyaknya titik genangan air yang ada di pemungkiman warga dapat berdampak buruk bagi aspek kesehatan warga sekitar. Salah satu masalah yang sering kita dengar sebagai akibat dari bencana banjir adalah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) . DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegepty. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun, dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepat, kita dapat mengurangi risiko terinfeksi DBD. Untuk membantu mengatasi permasalahn tersebut terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, salah satunya yaitu dengan Program 3M Plus.

3M Plus adalah program pencegahan DBD yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Program ini berfokus pada tiga langkah utama, yaitu:

Menguras, dengan cara membersihkan tempat penampungan air secara rutin, seperti bak mandi, ember air, dan lain-lain. Menutup dengan cara menutup rapat semua tempat penyimpanan air, seperti drum, kendi, toren air, dan lain-lain. Mengubur dengan cara mengubur barang bekas yang tidak lagi terpakai, seperti kaleng bekas, ember, dan lain-lain.

Selain tiga langkah utama di atas, ada juga beberapa langkah tambahan yang dapat kita lakukan untuk mencegah DBD, diantaranya yaitu:

Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan.  Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk untuk mencegah gigitan nyamuk. Menggunakan kelambu saat tidur untuk mencegah gigitan nyamuk. Menanam tanaman pengusir nyamuk di sekitar rumah untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk.

Nah, itu tadi beberapa cara yang dapat kita terapkan dalam ragka mengurangi dampak dari timbulnya penyakit DBD. Dapat kita simpulkan bahwa Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Namun, dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepat, kita dapat mengurangi risiko terinfeksi DBD. Program 3M Plus tadi adalah program pencegahan DBD yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, yang berfokus pada tiga langkah utama, yaitu menguras, menutup, dan mengubur. Selain itu, ada beberapa langkah tambahan yang dapat kita lakukan untuk mencegah DBD. Dengan demikian, kita dapat mencegah DBD dan menjaga kesehatan kita sendiri dan orang lain. Semoga artikel ini bermafaat... terimakasih

 

  2 Views    Likes  

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

previous post

Rekomendasi Lagu Untuk Menemani Menulis Skripsi
MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

next post

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

related posts