Cerdas Secara Intektual Atau Memiliki Rasa Percaya Diri Yang Tinggi?

Sukses tidak hadir dengan berdiam diri dan sekedar menunggu. Sebaliknya, kita perlu menjemput kesuksesan, perlu adanya pengorbanan, serta kerja keras sangat ditekankan untuk bisa mencapai kesuksesan. Hal yang tidak kalah penting dalam upaya meraih kesuksesan ialah percaya pada diri sendiri. Halo sobat OSC! Artikel kali ini kita akan membahas mengenai kepercayaan diri. Perlu sobat OSC ketahui, seseorang yang memiliki mental juara bukanlah sosok pasif, melainkan aktif dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Rasa percaya diri di dalam diri seseorang akan menuntunnya kearah pencapaian kinerja yang baik. Bahkan, menumbuhkan kepercayaan diri akan menambah kekuatan alam pikiran. Kesadaran terhadap pentingnya kepercayaan diri akan menopang terciptanya kondisi mental yang kuat.

Ada beberapa kiat praktis untuk menumbuhkan kepercayaan diri yang aku dapatkan dari buku "Menjadi Yang Terbaik", penulis Arjuna Yuwendi. Dalam buku ini dituliskan beberapa kiat praktis untuk kalian yang ingin menumbuhkan kepercayaan diri. Pertama, yakin dengan kemampuan diri sendiri. Dalam hal ini sobat OSC harus memiliki skill yang berbeda dengan orang lain. Jika satu tugas dipercayakan atau diberikan pada sobat OSC maka yakinlah sobat OSC bisa mengerjakannya dengan baik. Jika pekerjaan diberikan pada seseorang berarti ia memang harus sanggup untuk menyelesaikannya.

Kedua, usahakan mampu berkomunikasi dengan diri sendiri. Dengarkan bisikan diri yang keluar darii hati Nurani dan kerahkan keberanian untuk mendengarkannya. Ketiga, yakinlah bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan adalah anugerah yang patut untuk dijaga, dilestarikan bahkan dikembangkan. Sebaliknya, jangan menyesali kekurangan yang ada karena setiap orang pasti memilikinya. Jadikan kekurangan sebagai penyeimbang hidup. Keempat, jauhkan rasa minder dan rendah hati. Patut sobat OSC sadari bahwa rendah hati adalah penyakit yang tidak terlihat dan cenderung dialami oleh setiap individu. Dengan menumbuhkan rasa percaya diri, rasa minder dapat dihilangkan. Kelima, bersikap biasa, dalam arti tidak terlalu percaya diri atau malah rendah diri. Meskipun kepercayaan diri memang harus tinggi, hal itu bukan berarti seseorang berhak meninggikan diri di antara sesamannya. Namun, bersikap biasa juga bukan berarti menyepelekan kepercayaan diri. Sikap biasa berarti dapat menempatkan diri dengan baik sehingga cenderung dihargai serta disenangi oleh sesama.

Itulah kiat praktis yang dapat menumbuhkan kepercayaan diri, dapat dikatakan bahwa kepercayaan diri mutlak diperlukan. Alasannya karena bila tidak memiliki rasa percaya diri sebagaimana yang telah diuraikan, mustahil sobat OSC sanggup menyelesaikan tugas maka secara otomatis sobat OSC tidak akan mengalami perkembangan. Dari buku ini aku mengutip dalam satu kutipan yang dituliskan oleh penulis, "Orang yang cerdas secara intelektual di bidangnya memang dapat bekerja dengan baik. Namun, orang yang memiliki rasa percaya diri tinggi akan sanggup bekerja dengan jauh lebih baik". Bagaimana sobat OSC, siap untuk yakin dengan kemampuan diri sendiri? Hope it helps!

 

---

Sumber buku : Menjadi Yang Terbaik! Penulis buku : Arjuna Yuwendi

  69 Views    Likes  

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

previous post

Moralitas dan Etika Profesional dalam Menyongsong Generasi Pemimpin Masa Depan
Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

next post

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

related posts