banner

Crab Mentality Dalam Dunia Perkuliahan

Crab Mentality Dalam Dunia Perkuliahan

Hallo Sobat OSC, pernahkah kalian mendengar istilah Crab Mentality ? Istilah tersebut dinisbatkan untuk menggambarkan sifat yang dianalogikan dengan sifat kepiting ketika sedang penuh sesak dalam sebuah ember.

Sobat OSC, Pernahkah kalian melihat Kepiting dalam ember ? mari kita perhatikan, jika salah satu dari kepiting tersebut berhasil naik dan akan keluar dari ember, kepiting lainnya akan mencapit dan menarik kepiting tersebut agar kembali masuk ke dalam ember. Perilaku pada kepiting ini bisa dikatakan sebagai bentuk solidaritas karena tidak ingin temannya keluar ember dan mati dimakan pemangsa. Namun, pada manusia, hal ini lebih dimaknai sebagai sikap egois atau iri hati terhadap pencapaian orang lain yang membuat seseorang mencoba menarik temannya jatuh agar tidak meraih kesuksesan. 

Dilansir dari Psychology Today, crab mentality adalah analogi dari perilaku egois yang iri terhadap kesuksesan orang lain. Maka itu, ketika salah satu di antara kepiting tersebut berusaha keluar, kepiting lainnya berusaha menahan kepiting tersebut. Tanpa kita sadari hal tersebut kerap kita jumpai dalam dunia perkulihaan bukan ? misalnya ketika beberapa orang dalam suatu kelompok mencoba menjatuhkan orang (yang juga satu kelompok dengan mereka) mengalami kemajuan. Beberapa contoh perilakunya adalah mengkritik, meremehkan, hingga memanipulasi orang.

Lalu, tahukah Sobat OSC apa yang menyebabkan adanya Crab Mentality pada diri seseorang ? perlu kita ketahui bahwa ada hal yang tidak dapat kita pungkiri ialah bahwa manusia hidup berkelompok. Sementara itu, hidup berkelompok juga berarti akan ada persaingan/sikap kompetitif. kompetitif yang berlebihan justru bisa membuat seseorang mengalami crab mentality. Selain itu, rasa percaya diri yang rendah, iri hati, rasa putus asa, bahkan depresi juga dapat menumbuhkan sikap crab mentality.

Sobat OSC, karena kita merupakan mahluk sosial yang senantiasa berkelompok apalagi yang berstatus seorang pelajar maka kita harus mengetahui bagaimana cara menghindari orang yang memiliki sikap Crab Menatality  tersebut. Penting sekali untuk kita menghindari hal tersebut dikarenakan bisa membuat kamu insecureselalu merasa tertekan, tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari, dan kehilangan kesempatan untuk mengembangkan kemampuan diri. Nah berikut cara menghindar orang yang memiliki sikap Crab Menatality  :

Tetap gigih untuk mencapai kesuksesan Mengembangkan kemampuan diri Evaluasi diri ketika merasa gagal Tetap Produktif Bergabung dengan kelompok yang suportif Hargai dan cintai diri sendiri

Nah itulah yang dapat kita lakukan Sobat OSC, tetap semangat ya !

 

  16 Views    Likes  

banner
TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

previous post

Pelajar Jangan Down dari Pandemi
TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

next post

TIPS AND TRIK LOLOS BEASISWA OSC S1!

related posts