Lho Memang Belajar Bisa Makin Asik di Era Digital Seperti Sekarang ini?

Dunia sudah semakin modern, sudah banyak penemuan penemuan baru yang memudahkan kehidupan manusia. Semua sudah serba cepat dan mudah, contoh sederhananya bisa kita lihat dari kemudahan dalam berbelanja online, serta cepatnya penyebaran informasi di media sosial. Nah hal ini juga terjadi di ranah pendidikan lho, dengan mudahnya setiap orang yang memiliki gadget dapat mengakses pendidikan di manapun mereka berada. Apakah kemudahan kemudahan ini bisa menarik para generasi sekarang untuk menikmati proses belajar mereka untuk menjadi lebih menyenangkan?

Apa sih Pendidikan Itu?

Nah teman teman sebelum kita membahas tentang pertanyaan di atas, tahukah kamu apa itu pendidikan? Secara sederhana pendidikan bisa diartikan sebagai sebuah proses belajar dan mengajar. Proses belajar tersebut bisa kita dapatkan secara formal dari sekolah, ataupun secara informal dari orangtua, serta yang paling mudah bisa kita dapatkan dari gadget kita. Ilmu yang kita pelajari dari sebuah proses belajar tersebut, bukan hanya tentang pelajaran seperti matematika atau ekonomi, akan tetapi juga pelajaran kehidupan atau nasihat nasihat yang berguna untuk kita di masa depan.

Berikutnya apa itu pendidikan secara digital? Yaitu proses pembelajaran yang bisa kita dapatkan dari mengakses internet melalui gadget dengan mudah dan cepat berkat kemajuan teknologi saat ini. Tidak hanya itu, pembelajaran juga dikemas semakin kreatif dan baik agar memudahkan siswa dalam hal penyerapan informasi.

Bagaimana Cara Belajar di Era Digital?

Selanjutnya apakah proses belajar tersebut bisa semakin menyenangkan di era digital ini? Nah yuk kita cari tahu bagaimana cara belajar di era digital! Selain sudah banyak para guru yang menggunakan media digital seperti powerpoint yang dengan mudah bisa dipresentasikan di depan kelas, sekarang ini banyak juga video video edukatif yang menunjang pembelajaran di sekolah sekolah. Video video itu dibuat menarik secara animasi atau non animasi yang memudahkan para siswa memahami materi pembelajaran, tentu dengan adanya media media pembelajaran yang lebih beragam ini, bisa membuat para siswa menikmati proses belajar mereka.  Siswa juga dituntut lebih kreatif dan beradaptasi dengan baik di era modern ini, contohnya dengan mulai mengakses buku paket dan berbagai media pembelajaran lainnya hanya dari smartphone. Bahkan tugas tugas sekolah dapat dikerjakan hanya melalui gadget mereka. Hal ini bisa mempercepat proses pembelajaran, dan memudahkan para guru dalam mengajar.

Sudah Efektif atau Belum ya?

Namun apakah hal ini sudah efektif? Jika dilihat dari keefektifannya, proses belajar secara digital seperti pedang bermata dua, di sisi lain dapat menimbulkan efek negatif. Contohnya yaitu mudahnya siswa terditraksi dengan gadget yang mereka bawa ke sekolah, karena di dalam gadget mereka tersebut, tidak hanya memuat media pembelajaran. Namun juga media hiburan, seperti game, dan media sosial yang bisa membuat mereka kesulitan konsentrasi selama di kelas. Karena itu perlu peraturan yang tegas dari para guru dalam penggunaan gadget.

Selain itu dengan mengakses pembelajaran hanya dari media digital juga bisa mempengaruhi kesehatan mata siswa lho! Karena mata akan semakin mudah lelah, akibatnya akan ada banyak siswa yang menggunakan kacamata, atau menderita gangguan kesehatan mata lainnya. Nah hal ini juga bisa membuat mereka kesulitan dalam belajar. Oleh karena itu penting bagi siswa dan guru dalam mengimbangi media pembelajaran yang akan digunakan.

Apakah Pembelajaran Digital Sudah Terealisasikan di Berbagai Sekolah di Indonesia?

Jika dilihat dari sudah atau tidaknya pembelajaran digital terealisasikan di berbagai sekolah di Indonesia, nampaknya masih belum sepenuhnya. Dapat dilihat dari meningkatnya angka putus sekolah di era covid 19 yang disebabkan oleh banyaknya siswa yang tidak memiliki internet, serta gadget untuk menunjang pembelajaran online di masa itu. Banyak sekolah juga yang tidak menyediakan pelatihan serta fasilitas kepada para guru untuk memulai pembelajaran secara digital. Fasilitas itu dapat berupa laptop, internet, serta proyektor.

Oleh karena itu tranformasi pendidikan di Indonesia perlu dimaksimalkan kembali untuk pemerataan pendidikan yang lebih baik. Serta dibutuhkan ketepatan sasaran penerima bantuan pendidikan oleh pemerintah, agar setiap lapisan masyarakat bisa merasakan pendidikan di era serba digital ini.

Kenali Negara Dengan Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara!

Dalam hal pendidikan terbaik di Asia Tenggara, kita bisa mencontoh negara tetangga kita yaitu Singapura, negara ini memaksimalkan pendidikan di era digital dengan memberikan fasilitas serta pelatihan untuk para guru. Mereka juga tak ragu untuk memberikan dukungan finansial untuk meningkatkan kualitas mengajar para guru di sana. Singapura juga menggunakan kurikulum yang dinilai unggul dan terstuktur dengan baik di sekolah sekolah mereka, sehingga tak ayal mereka mampu menghasilkan generasi generasi yang terpelajar dan terdidik.   

Negara Singapura juga sudah menerapkan pendidikan digital dengan baik, karena para siswa dipastikan sudah memiliki gadget untuk mengikuti proses belajar di sekolah. Bahkan ada salah satu sekolah yaitu SMA perempuan Nanyang di Singapura yang memborong 150 ipad untuk membantu kebutuhan proses mengajar dan belajar disana. Hal itu mereka lakukan juga untuk mengubah pola belajar agar mengikuti perkembangan zaman, apalagi setelah dunia dihadapkan dengan pandemi covid 19 yang mengharuskan proses pendidikan beralih ke digital.

Nah itu pembahasan singkat kita tentang bagaimana sih cara belajar di jaman sekarang, semoga pendidikan di Indonesia bisa semakin maju, sehingga pendidikan bisa dirasakan oleh setiap lapisan masyarakat di era digital ini.

  41 Views    Likes  

Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

previous post

Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Era Digital
Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

next post

Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

related posts