MASIH SEPI PEMINAT? INI DIA KEUNTUNGAN DARI MASUK JURUSAN TEKNIK LINGKUNGAN!

Halo sobat OSC,

Seberapa sering sih kalian bertemu dengan lulusan jurusan dari Teknik Lingkungan? Pasti jarang banget kan? Bisa dihitung jari malah...

Padahal jurusan ini worth it banget loh buat dijadiin salah satu jurusan impian kalian. Walaupun menurut data tahun 2023 peminat yang masuk ke salah satu cabang fakultas teknik ini meningkat tetapi sayangnya jika dibandingkan dengan jurusan teknik lain, peminat teknik lingkungan masih di angka yang sangatlah sedikit. Apalagi saat ini di Indonesia baik di PTN dan PTS tidak semua memiliki jurusan teknik lingkungan yang membuat lulusan dari jurusan ini jadi semakin langka. 

Eitss...Hanya karena sepi peminat bukan berarti jurusan teknik lingkungan ini gak menarik loh ya guys...

Justru sebaliknya, ada banyak keuntungan yang bisa kalian dapatkan kalo kalian masuk ke jurusan ini, sobat OSC.

Penasaran kan? Yuk simak bareng-bareng apa aja keuntungan dari masuk ke jurusan teknik lingkungan 1. Mampu Menciptakan Lingkungan yang Sehat

Mahasiswa teknik lingkungan biasanya fokus pada penciptaan lingkungan yang sehat dan bebas penyakit dengan menggunakan berbagai teknik dan teknologi. Hal ini mencakup pengelolaan sumber daya air, pelestarian lingkungan, dan pengendalian pencemaran udara Sehingga kebanyakan dari mereka peka terhadap pentingnya kesehatan lingkunngan. Hayoo, lingkungan aja diperhatiin apalagi kamu nih? 2. Mata Kuliah yang Beragam

Mahasiswa di jurusan ini juga dapat mempelajari berbagai mata pelajaran menarik loh, seperti kesehatan lingkungan, pengetahuan struktural, pengenalan sistem informasi geografis, mekanika fluida, kimia lingkungan, mikrobiologi lingkungan, hidrologi dan hidrogeologi, epidemiologi dan masih banyak lagi yang lebih seru dan menarik. 3. Prospek Karir Menjanjikan

Ini adalah salah satu keuntungan yang paling banyak menarik peminat orang-orang untuk masuk tekling loh. Lulusan teknik lingkungan itu memiliki prospek karir yang menjanjikan, mereka bisa bekerja di semua sektor. Mulai dari pemerintahan maupun swasta. Tak cuma instansi yang memiliki fokus pada lingkungan, perusahaan yang bersinggungan dengan keberlangsungan lingkungan seperti pertambangan, petrokimia, hingga perminyakan juga butuh lulusan ini. Selain itu lulusan teknik lingkungan bisa mendapatkan gaji yang kompetitif. Misalnya saja seorang HSE Officer yang bekerja dengan masa kerja kurang 5 tahun bisa menyentuh angka 10 hingga 12 juta. Tapi perlu digarisbawahi ini tergantung dengan industri tempat dia bekerja. Termasuk peran seperti konsultan lingkungan, manajer proyek air, petugas kesehatan, keselamatan, dan lingkungan, peneliti lingkungan, petugas konservasi, teknisi lingkungan, dan pendidik juga. Gimana? Beraneka macam kan? 4. Peluang Internasional

Bagi mahasiswa yang berminat mempelajari teknik lingkungan juga bisa pergi ke luar negeri loh. Di sana kalian dapat menjajaki berbagai program yang ditawarkan universitas luar negeri. Fondasi yang kuat dalam fisika, matematika, dan pemahaman yang baik tentang mata pelajaran seperti geografi, kimia, biologi, sosiologi, dan ekonomi sangat bermanfaat. Selain itu, kemahiran berbahasa Inggris, dengan skor TOEFL minimal 550 atau band 6 di IELTS, sering kali diperlukan untuk studi internasional.

Nah, gimana? Tertarik kah sobat OSC untuk mencoba masuk jurusan teknik lingkungan?

 

  98 Views    Likes  

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

previous post

Moralitas dan Etika Profesional dalam Menyongsong Generasi Pemimpin Masa Depan
Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

next post

Pendaftaran Program Kampus Mengajar Angkatan 8 sudah Dibuka!

related posts