Melakukan talkshow dengan tokoh aktivis peduli lingkungan

Kegiatan ini merupakan kegiatan inspirasi, kami melakukan talkshow dengan toko aktifis peduli lingkungan. kegiatan diawali dengan sesi pembukaan dan dilanjutkan dengan talkshow. talkshow ini berisi tentang edukasi dan sosialiasi tentang kepedulian kita terhadap lingkungan. hal yang difokuskan dalam talkshow ini yaitu pentignya pohon mangrove bagi ekosistem pesisir. pak tapo menjelaskan tentang sejarah adanya mangrove tapak ini dan apa saja jenis mangrove yang ada disini. mangrove adalah suatu tanaman yang mempunyai sejuta manfaat. pohon mangrove ternyata memiliki dampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat lokal, seperti peningkatan hasil perikanan dan peluang ekowisata. mangrove sangat berperan penting bagi ekosistem pesisr karena peran mangrove dalam menyerap karbon dan membantu mitigasi perubahan iklim dalam membantu daerah pesisir beradaptasi dengan perubahan iklim, seperti kenaikan permukaan laut dan badai.  

pada talkshow ini, pak tapo menjelaskan juga mengenai proses tumbuh kembangnya pohon mangrove yang pada dasarnya mempunyai masa waktu yang cukup lama. pak tapo menjelaskan terkait buah dari mangrove yang disebut propagol. propagol ini ternyata bisa menjadi bibit dari mangrove itu sendiri dan buahnya juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami batik seperti yang di produksi oleh zie batik. pak tapo menjelaskan bahwa pada pohon mangrove merupakan tempat hewan laut berada seperti ular, kepiting, udang dan lainnya. ada yang bermanfaat bagi mangrove ada juga yang berperan sebagai parasit atau hama pada mangrove, contohya adalah kepiting. namun, pak tapo mengatakan bahwa pengaruh buruknya tidak begitu besar terhadap pertumbuhan mangrove. 

pada mangrove tapak ini sudah ada pohon mangrove yang berusia 45 tahun keatas hingga yang paling tua adalah kisaran 60 sampai 65 tahun usianya. beliau mengatakan bahwa jika saja tidak ada hama pada mangrove dan reformasi maka kemungkinan besar pohon mangrove bisa bertahan hingga ratusan tahun lamanya. kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab dan dokumentasi foto bersama.

Wawasan dan pengetahuan apa yang diperoleh???

Isu-isu Lingkungan: saya mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang isu-isu lingkungan yang sedang relevan dan penting saat ini, seperti perubahan iklim dan abrasi sehingga itulah yang menyebabkan pentingnya penanaman mangrove

Tindakan Aktivis dan Inisiatif: dari sini saya belajar mengenai tindakan konkret yang dilakukan oleh aktivis untuk melindungi lingkungan, termasuk kampanye mereka, kegiatan pencegahan, dan upaya restorasi yang dilakukan di mangrove tapak ini

Peran Masyarakat dalam Pelestarian Lingkungan: saya mendapat wawasan tentang bagaimana seharusnya masyarakat dapat berperan aktif dalam melestarikan lingkungan, baik melalui partisipasi dalam kegiatan lokal maupun dukungan terhadap kebijakan perlindungan lingkungan begitupun kita sebagai mahasiswa agent of change

Pengalaman Pribadi dan Inspirasi: saya dapat mendengarkan pengalaman pribadi dari aktivis tersebut yaitu pak tapo, apa yang mendorong mereka untuk terlibat dalam gerakan lingkungan, serta cerita inspiratif tentang tantangan dan pencapaian mereka dalam ekowisata mangrove tapak ini.

Dengan berinteraksi langsung dengan seorang tokoh aktivis peduli lingkungan dalam talkshow ini, saya memiliki kesempatan untuk memperdalam pemahaman dan komitmen saya terhadap pelestarian lingkungan serta memperluas cakrawala pengetahuan saya entang tantangan dan solusi dalam menjaga keberlanjutan planet ini.

  2 Views    Likes  

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

previous post

Rekomendasi Lagu Untuk Menemani Menulis Skripsi
MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

next post

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

related posts