banner

MENGENAL FUNGSI ALAT-ALAT KESEHATAN

Halo sobat OSC? Bagaimana kabarnya nih? Semoga sehat selalu yah. Artikel kali ini akan membahas tentang fungsi alat-alat kesehatan. Sobat OSC sudah pasti mengetahui apa saja alat-alat kesehatan yang digunakan seperti tensimeter, stetoskop, termometer dan lain sebagainya. Yuk langsung saja.

1. Tensimeter

Tensimeter merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah seseorang apakah dalam keadaan normal atau abnormal. Biasanya juga digunakan para tenaga medis untuk keperluan diagnosa lebih lanjut nih. Sekarang ini tensimeter terbagi menjadi dua yaitu yang manual dan digital, untuk tensimeter manual seperti pada gambar memiliki pompa seperti balon untuk memompa, sedangkan tensimeter digital dilengkapi dengan layar monitor. Ada juga tensimeter yang menggunakan air raksa atau yang dikenal dengan sphygmomanometer.

2. Stetoskop

Stetoskop merupakan alat kesehatan yang sering dijumpai bahkan biasanya menjadi ciri khas tenaga medis. Alat ini berfungsi untuk mengauskultasi atau memeriksa bunyi dan suara dalam organ tubuh seseorang contohnya suara paru-paru, suara jantung, suara abdomen atau perut, pergerakan usus dan lainnya. Dengan alat ini suara-suara atau bunyi tersebut akan terdengar dan jika ada bunyi yang abnormal akan menjadi diagnosa dari suatu penyakit dari hasil terjemahan bunyi menggunakan alat ini.

3. Torniquet

Alat ini memiliki fungsi untuk menekan pembuluh darah serta mengontrol sirkulasi vena atau pembuluh balik dalam pembuluh darah. Alat ini sangat berfungsi ketika pengambilan darah yang dimana torniquet akan menekan pembuluh darah dan mengerutkannya , namun pada kasus-kasus lain seperti kecelakaan, torniquet bisa digunakan untuk menghentikan pendarahan pada bagian kaki dan tangan.

4. Termometer

Alat yang satu ini sudah pasti sangat diketahui fungsinya. Yaps, termometer digunakan untuk mengukur keadaan suhu seseorang, ada beberapa jenis termometer yang diketahui yaitu termometer air raksa, termometer digital, dan yang terbaru yaitu termometer infra merah yang digunakan tanpa menyentuh langsung.

5. Infuse Set

Infuse set merupakan alat yang digunakan dalam proses pemasangan infus, infuse set juga berfungsi sebagai jalan masuknya cairan infus ke dalam tubuh pasien. Cairan infus yang masuk ke dalam tubuh pasien bisa diatur waktunya secara konstan sesuai kebutuhan kenyamanan pasien itu sendiri. Infuse set termasuk jenis alat yang habis pakai atau hanya digunakan sekali dengan satu pasien saja.

6. Foley Catheter

Foley Catheter atau yang kita kenal dengan kateter merupakan alat yang berfungsi untuk membantu mengeluarkan cairan urine dalam alat reproduksi pasien dengan gangguan kebutuhan khusus. Kateter berbentuk selang atau pipa terbuat dari karet yang dirancang khusus.

Sekian dari pembahasan artikel ini, terimakasih sobat OSC sudah meluangkan waktunya untuk membaca. Gimana nih? ada yang tertarik ga untuk jadi tenaga kesehatan?

 

-Dhevi S A Siloto-

  0 Views    Likes  

banner
cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

previous post

Cara Konsisten dalam menulis cerita pada wattpad
cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

next post

cara Belajar Produktif & membangun motivasi belajar buat beasiswa Gimana sih ?

related posts