Mengenal Nervous Breakdown (Mental Health Crisis)

Hai sahabat OSC. jika kalian mengalami kesulitan yang membuat kalian sulit untuk menyelesaikan tugas-tugas dengan normal? Jika pernah Anda mungkin mengalami gangguan saraf . Lalu apa itu nervous breakdown ?  

APA ITU GANGGUAN KERUSAKAN ?

Nervous breakdown adalah istilah samar yang digunakan untuk menggambarkan gejala tekanan mental dan emosi yang hebat. Perasaan ini sulit atau bahkan tidak mungkin untuk menjalankan fungsi normal dan menyelesaikan tugas sehari-hari. Ini adalah perasaan yang terbebani secara fisik, mental, dan emosional oleh tekanan hidup. Nervous breakdown diagnosis medis.

Karakteristik utama dari " nervous breakdown " adalah bahwa gejalanya intens dan membuat orang-orang tersebut sangat sulit untuk bekerja secara normal.  

 

SEBERAPA SERIUSKAH NERVOUS BREAKDOWN

Gangguan saraf dapat menjadi masalah kesehatan yang serius apabila Anda tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari karena stres dan kesulitan untuk mengatasinya.

Beberapa orang menangani stres dengan cara yang berbeda, dimana orang lebih mampu mengatasi stres dibandingkan dengan yang lain. Tetapi, ketika Anda tidak dapat lagi melakukan tugas sehari-hari — seperti bangun dari tempat tidur, gigi, atau pergi bekerja — untuk mencari bantuan profesional.  

 

GEJALA

Meskipun gangguan saraf tidak memiliki signifikansi klinis, ada beberapa gejala fisik dan mental yang sering terjadi selama periode penderitaan yang intens, yaitu:

- Panic Attack 

- Depresi

- Insomnia

- Mati rasa secara emosional

- Kurangnya minat dalam kegiatan

- Motivasi rendah

- Suasana hati yang berubah-ubah

- Kurang bersosialisasi

Gejala yang dialami orang dapat berkisar dari ringan hingga jauh lebih parah. beberapa orang mungkin mengalami pikiran untuk bunuh diri atau self harm selama periode gangguan.

 

PENYEBAB

Ada beberapa faktor yang menjadi dari gangguan saraf , salah satunya adalah kondisi kesehatan mental dan juga tekanan hidup. kadang-kadang kondisi ini kronis dan menumpuk dari waktu ke waktu sampai seseorang tidak dapat mengatasinya. Dalam kasus lain, situasi krisis dapat memicu periode akut tekanan intens yang mengarah pada gejala kehancuran.

Selain itu, ada juga penyebab khusus yang menyebabkan gangguan saraf , antara lain:

1. Pelecehan

2. Masalah atau tekanan akademik

3. Kematian orang yang dicintai

4. Masalah keuangan

5. Kehilangan pekerjaan

6. Trauma

7. Stres terkait pekerjaan

Munculnya perasaan nervous breakdown tergantung pada kemampuan seseorang dalam mengatasi kondisi seperti itu, di mana mungkin kurang tangguh saat menghadapi stres yang ekstrem. mengatasi perasaan yang buruk, kurangnya perawatan diri, dukungan sosial yang rendah, hubungan interpersonal yang buruk, dan penyakit mental yang tidak diobati dapat berkontribusi pada timbulnya apa yang disebut sebagai gangguan saraf.

 

PENCEGAHAN

Perubahan gaya hidup merupakan upaya yang dapat mengurangi risiko terjadinya gangguan saraf . Meskipun saran-saran ini mungkin tidak sepenuhnya mencegah episode stres, kecemasan atau depresi yang tidak terkendali, mereka dapat mengurangi intensitas dan frekuensi episode ini.

Manajemen Stres Anda.  Cintai teknik manajemen stres seperti pernapasan dalam, relaksasi otot progresif, yoga, meditasi, dan perhatian penuh untuk membantu Anda dan menjaga stres tetap terkendali.

Jaga Pola Hidup. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi dan lakukan aktivitas secara teratur untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda. mengkonsumsi alkohol, dan kafein dalam jumlah berlebihan (kopi, teh, cola, dan cokelat). Produk-produk ini dapat membuat tubuh Anda stres.

Istirahat Yang Cukup. Ambil kembali kendali atas hidup Anda. Buat daftar tugas. prioritas utama. Fokus pada tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. merekam elektronik atau aktivitas yang terjadi pada waktu tidur.

Dapatkan Konseling. Buat janji temu dengan profesional kesehatan mental untuk mempelajari lebih banyak cara mengelola stres, kecemasan, dan depresi. Tanyakan konselor Anda untuk informasi tentang kelompok pendukung.

Coba Terapi. Dokter Anda mungkin merujuk Anda ke terapis yang dapat membantu Anda mengatasi gejala Anda dengan psikoterapi.

Pertimbangkan Obat-Obatan. Beberapa gejala seperti kecemasan dan depresi dapat ditanggapi dengan baik terhadap obat antidepresan dan anti-kecemasan    

 

Tidak jarang orang merasa sulit dalam mengatasi tekanan hidup. Ketika stres mulai mengganggu kemampuan Anda untuk bekerja, itu dapat menjadi tanda masalah kesehatan mental atau Anda perlu bantuan untuk menemukan cara untuk mengatasinya.  

Jika Anda atau seseorang yang Anda cintai mengalami gejala yang disebut nervous breakdown , jangan takut untuk memberi tahu dokter. Kontak dengan dokter atau profesional kesehatan mental dapat mengarah pada diagnosis, dukungan, dan perawatan yang tepat.  

 

Sumber:  Cleveland Clinic dan Verry WellMind.

  6 Views    Likes  

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

previous post

Perjalanan menjadi awardee beasiswa OSC 2020
BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

next post

BEASISWA YANG BISA KAMU IKUTI UNTUK ANGKATAN 2021/2022 dan 2022/2023 PART 1

related posts