Pentingnya ethical security dalam sebuah perusahaan

Di era digital ini, perusahaan tak luput dari ancaman keamanan siber yang kian canggih. Data dan informasi sensitif menjadi incaran utama para penjahat siber, dan pelanggaran data dapat membawa konsekuensi fatal berupa kerusakan finansial dan reputasi yang tak ternilai.

Ethical security, atau keamanan etis, hadir sebagai solusi untuk memerangi ancaman ini. Dilakukan oleh profesional terlatih dengan pengetahuan mendalam tentang teknik hacking dan keamanan siber, ethical security membantu perusahaan mengidentifikasi dan memperbaiki kerentanan dalam sistem dan jaringan komputer secara legal dan bertanggung jawab.

Mengapa ethical security begitu penting bagi perusahaan? Menurut IBM, kerugian rata-rata global akibat pelanggaran data pada tahun 2023 adalah USD 4,45 juta, meningkat 15% dalam 3 tahun. Oleh karena itu, perlu adanya ethical security dengan tujuan untuk

1. Melindungi Data Sensitif

Data pelanggan, data keuangan, dan data rahasia perusahaan adalah harta karun bagi para penjahat siber. Ethical security membantu perusahaan mengidentifikasi dan menutup celah ancaman keamanan yang dapat dieksploitasi untuk mencuri data, juga termasuk ancaman dari luar seperti contohnya malware. Menurut penelitian swasta yang dikutip oleh Congressional Research Service, 25% serangan malware menargetkan perusahaan jasa keuangan. Kerugian yang ditimbulkan oleh kejahatan dunia maya per perusahaan adalah lebih dari $18 juta USD untuk layanan keuangan, sekitar 40% lebih tinggi dibandingkan biaya rata-rata di sektor lain.

2. Meningkatkan Kepatuhan

Banyak industri memiliki regulasi dan peraturan terkait keamanan data. Ethical security membantu perusahaan mematuhi regulasi ini, terhindar dari denda dan penalti yang merugikan.

3. Membangun Kepercayaan Pelanggan

Di era digital, pelanggan semakin sadar akan pentingnya keamanan data mereka. Ethical security membantu perusahaan membangun kepercayaan pelanggan dengan menunjukkan komitmen dalam melindungi data mereka.

4. Mencegah Kerugian Finansial

Menurut analisis Cybersecurity Ventures, biaya global dari cybercrime pada tahun 2023 diproyeksikan mencapai $6 triliun Ini membuktikan, pelanggaran data dapat mengakibatkan kerugian finansial besar bagi perusahaan, termasuk biaya pembersihan data, biaya hukum, dan hilangnya pelanggan. Dengan adanya ethical security akan membantu meminimalkan risiko kerugian ini.

5. Menjaga Reputasi

Pelanggaran data dapat mencoreng reputasi perusahaan dan merusak citra di mata publik. Ethical security membantu menjaga reputasi perusahaan dengan menunjukkan komitmen terhadap keamanan data.

Bagaimana Menerapkan Ethical security di Perusahaan? Tentunya ada beberapa langkah yang bisa diterapkan, yaitu:

1. Melakukan Pengujian Penetrasi

Simulasi serangan siber yang dilakukan oleh para ethical hacker ini membantu mengidentifikasi dan memperbaiki kerentanan dalam sistem dan jaringan.

2. Melakukan Audit Keamanan

Penilaian menyeluruh terhadap keamanan sistem dan jaringan perusahaan ini membantu mengidentifikasi area yang perlu diperkuat.

3. Membuat Program Kesadaran Keamanan

Program ini membantu karyawan memahami risiko keamanan siber dan cara melindungi diri serta data perusahaan.

4. Menerapkan Kontrol Keamanan yang Tepat

Firewall, perangkat lunak antivirus, dan enkripsi adalah contoh kontrol keamanan yang membantu melindungi sistem dan jaringan perusahaan dari serangan siber.

 

Ethical security adalah investasi penting bagi perusahaan di semua skala. Dengan menerapkan ethical security, perusahaan dapat melindungi aset digital mereka, meningkatkan kepatuhan, membangun kepercayaan pelanggan, meminimalkan risiko kerugian finansial, dan menjaga reputasi.

Tips Tambahan:

Pilihlah perusahaan ethical security dengan reputasi baik dan pengalaman relevan. Libatkan karyawan dalam program ethical security. Lakukan pengujian penetrasi dan audit keamanan secara berkala. Selalu perbarui informasi tentang ancaman keamanan siber terbaru.

 

Referensi:

https://www.ibm.com/reports/data-breach

https://cybersecurityventures.com/cybersecurity-almanac-2023/

https://crsreports.congress.gov/product/pdf/IF/IF11717

  4 Views    Likes  

Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

previous post

Peran Teknologi dalam Transformasi Pendidikan di Era Digital
Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

next post

Dark Empath, Kepribadian Ganda “Si muka dua”

related posts