Program Kreativitas Mahasiswa di Taman Baca Kampung Pemulung

Saya dan tim dari Program Studi Informatika, Universitas Pembangunan Jaya baru-baru ini melaksanakan Program Kreativitas Mahasiswa (Pengabdian Masyarakat) di Taman Baca Kampung Pemulung, Kecamatan Jurang Mangu Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan pendidikan dasar yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak di komunitas ini, serta meningkatkan minat baca mereka melalui donasi buku.

1. Mengajar Matematika Dasar Kegiatan utama yang kami lakukan adalah mengajar matematika dasar kepada anak-anak. Kami menyusun kurikulum yang sederhana namun efektif agar mudah dipahami oleh anak-anak. Metode pengajaran yang kami gunakan melibatkan permainan edukatif menggunakan kincir angka dan aktivitas interaktif yang membuat belajar menjadi menyenangkan. Dengan pendekatan ini, kami berharap anak-anak tidak hanya memahami konsep dasar matematika, tetapi juga mengembangkan kecintaan terhadap belajar.

2. Hasta Karya Kami juga mengadakan kegiatan hasta karya, anak-anak membuat berbagai kerajinan tangan, salah satunya adalah kotak tisu dari kardus. Prosesnya melibatkan memotong, melipat, dan menghias kardus, yang membantu mengembangkan keterampilan motorik halus dan kreativitas anak-anak. Melalui kegiatan ini, mereka belajar tentang pentingnya daur ulang dan merasakan kebanggaan atas karya yang mereka buat. Aktivitas ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga mendidik memberikan pengalaman belajar yang bermanfaat.

3. Donasi Buku Selain mengajar, kami juga mengadakan sesi donasi buku. Buku-buku yang kami donasikan bervariasi, mulai dari buku cerita anak-anak hingga buku pengetahuan umum yang sesuai dengan usia mereka. Kami percaya bahwa akses ke buku-buku berkualitas dapat membuka wawasan mereka dan memotivasi mereka untuk terus belajar.

 

Program ini mendapatkan sambutan yang sangat positif dari masyarakat setempat, orang tua dan anak-anak sangat antusias. Melihat senyum dan semangat belajar dari anak-anak di Taman Baca Kampung Pemulung menjadi motivasi bagi kami untuk terus melanjutkan program-program serupa pada masa depan. Kami sangat berterima kasih kepada penduduk sekitar atas sambutan hangat dan bantuan yang diberikan selama program ini. Kami berharap melalui program ini, dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan di komunitas-komunitas yang membutuhkan, serta menumbuhkan minat baca di kalangan anak-anak sejak dini. Terima kasih untuk seluruh anggota tim atas dedikasi dan kerja keras yang telah dilakukan. Semangat yang luar biasa dalam mengajar dan berinteraksi dengan anak-anak. Mari terus menjaga semangat ini dan memberikan dampak positif bagi masyarakat yang membutuhkan.

 

 

 

  8 Views    Likes  

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

previous post

Rekomendasi Lagu Untuk Menemani Menulis Skripsi
MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

next post

MAU BELAJAR BAHASA BARU? IKUTI 5 CARA INI!

related posts