banner

Simak! Ini Perbedaan Universitas, Akademi, Institut, Politeknik & Sekolah Tinggi

 

Halo guyss! Gimana nih persiapan masuk perguruan tingginya tahun ini? Harus tetap semangat ya meskipun lagi pandemi! Sudah menentukan pilihan mau melanjutkan ke institusi pendidikan tinggi idaman yang mana? Mau ke universitas, institut, akademi, sekolah tinggi atau politeknik? Pada dasarnya kelima jenjang pendidikan tersebut mempunyai beberapa aspek perbedaan, sehingga kamu harus lebih teliti dan memantapkan diri untuk masuk ke jenjang mana. Namun sebelum memilih jenjang mana, perhatikan terlebih dahulu jenis pendidikan tinggi di Indonesia. 

Pendidikan tinggi di Indonesia terbagi menjadi 2 kelompok besar, yakni kelompok pendidikan akademik dan pendidikan vokasi. Kelompok pendidikan akademik dalam proses pendidikan dan pengajarannya memiliki fokus dalam penguasaan ilmu pengetahuan bagi para lulusannya, sedangkan kelompok pendidikan vokasi lebih menitikberatkan pengajaran dan proses pendidikannya pada persiapan lulusan agar dapat mengaplikasikan  keahliannya.

Institusi Pendidikan Tinggi yang menawarkan pendidikan akademik dan vokasi juga dapat dibedakan berdasarkan jenjang dan program studi yang ditawarkannya seperti universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik dan akademi.

Untuk kalian yang berencana melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi kira-kira mau pilih yang mana nih? Supaya lebih yakin lagi dengan pilihan kalian berikut ada perbedaan dari masing-masing jenjang pendidikan tersebut. Yuk disimak agar tidak salah pilih nantinya. Check it out!

Universitas

Universitas terdiri dari sejumlah fakultas yang menyelenggarakan Pendidikan Akademik dan atau Pendidikan Vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, atau seni. Jadi Universitas bisa menyelenggarakan dua jenis pendidikan tinggi, yaitu Pendidikan Akademik dan Pendidikan Vokasi.

Universitas juga bisa menyelenggarakan pendidikan dalam berbagai rumpun ilmu tanpa batas. Misalnya, rumpun ilmu agama (syariah, ekonomi islam, ilmu penerangan agama Hindu, dan sebagainya), rumpun ilmu humaniora (filsafat, sejarah, bahasa, dan sebagainya), rumpun Soshum (Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasioanal, Ekonomi, Manajemen dan sebagainya), rumpun ilmu Saintek (Kedokteran, Biologi, Fisika dan sebagainya), rumpun ilmu Formal (komputer, matematika, statistika, dan sebagainya) dan rumpun ilmu terapan (pertanian, arsitektur dan perencanaan, bisnis, dan masih banyak lagi).

Politeknik

Politeknik adalah perguruan tinggi yang hanya melaksanakan Pendidikan Vokasi dari beberapa rumpun ilmu. Maka, penyelenggaraan studi di Politeknik lebih berfokus pada pembentukan tenaga profesional baru. Tujuan politeknik adalah mempersiapkan peserta didiknya untuk bisa menjadi anggota masyarakat yang punya kemampuan profesional dan siap kerja sesuai dengan keterampilan atau bidang yang diambilnya. Lulusan politeknik memiliki gelar atau level pendidikan D-III dan D-IV atau bisa juga disebut dengan sarjana terapan.

Akademi

Akademi ialah sekolah tinggi yang menyelenggarakan perkuliahan Vokasi pada satu atau beberapa cabang ilmu teknologi, pengetahuan dan atau seni. Akademi ini hanya mampu mengadakan pendidikan Vokasi yang berasal dari satu cabang ilmu. Contohnya seperti Akademi Pimpinan Perusahaan, Akademi Angkatan Udara, Akademi Imigrasi dan lainnya.

Sekolah Tinggi

Sekolah Tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan Akademik dan/atau Pendidikan Vokasi dalam sejumlah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Sama seperti Universitas dan Institut, Sekolah Tinggi bisa menyelenggarakan Pendidikan Akademik dan Pendidikan Vokasi. Namun, berbeda dengan Universitas dan Institut, Sekolah Tinggi cuma terdiri dari satu fakultas yang terbagi ke dalam berbagai program studi. Misalnya, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi hanya menyediakan program studi-program studi dari Fakultas Komunikasi, seperti Hubungan Masyarakat, Penyiaran, Periklanan, dan sebagainya. Beberapa sekolah tinggi favorit yang bisa dipilih adalah STMIK Amikom, STMIK Jakarta, STIKOM Indonesia dan lainnya.

Institut

Institut merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dan dapat menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah rumpun Ilmu Pengetahuan dan atau Teknologi tertentu dan jika memenuhi syarat. Institut ini dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Terlihat bahwa Institut dapat menyelenggarakan  jenis program PT Akademik (S1, S2, S3); Vokasi (D3, D4, MT, DRT); dan Profesi/Spesialis (PR, SP). Perbedaan Universitas dengan Institut adalah fakultas-fakultas yang terdapat dalam sebuah institut berasal dari satu jenis keilmuan saja. Sedangkan fakultas-fakultas di Universitaa berasal dari berbagai jenis keilmuan. Contoh yang mudah yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB).  ITB hanya fokus kepada rumpun ilmu alam, sehingga fakultas-fakultas di ITB hanyalah yang terkait dengan ilmu alam, seperti ilmu angkasa, ilmu kebumian, ilmu biologi, ilmu kimia, ilmu fisika, dan sebagainya.

Baiklah guys, kurang lebih hal-hal tersebutlah yang membedakan antara universitas, institut, politeknik, sekolah tinggi dan akademi. Gimana? Harus semakin semangat ya untuk persiapan masuk kuliahnya. Manfaatkan waktumu sebaik mungkin ya. Untuk bisa masuk kampus impian harus berjuang dahulu. Ingat pesaingmu banyak hehe. Tetap Semangat semua!!^^

Referensi : https://halokampus.com/kuliah/beda-universitas-institut-politeknik/

 

  751 Views    Likes  

banner
TERAPKAN 4R DEMI KELESTARIAN LINGKUNGAN !

previous post

Sakit Perut Melilit Belum Tentu Maag! Simak Perbedaan Maag, GERD, dan Gastritis
TERAPKAN 4R DEMI KELESTARIAN LINGKUNGAN !

next post

TERAPKAN 4R DEMI KELESTARIAN LINGKUNGAN !

related posts